Google search engine

MIKJEPARA.com, JEPARA – Stok darah di Kabupaten Jepara masih jauh dari aman. Dalam rangka mendorong percepatan ketersediaan darah, Pemkab Jepara mengajak kepada semua pihak lewat sosialisasi donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Jepara.

Rosiana, petugas PMI Jepara mengatakan untuk saat ini Sabtu (6/7/2024) stok darah Jepara hanya berjumlah 170 labu, terdiri dari 49 labu golongan darah A, 5 labu golongan darah B, 42 labu golongan darah AB dan untuk golongan darah O sebanyak 74 labu.

Ilustrasi : Kantong darah golongan B

“Stok ini paling cukup untuk beberapa hari ke depan, dan yang paling penting ketersediaan stok golongan darah B sedang menipis,” terang Rosi saat dihubungi via Whatsapp

Untuk per hari ini, PMI juga menggelar agenda donor darah di beberapa tempat. Antaranya di Desa Banjaran, Suwawal Timur dan Kerso. Untuk hari Minggu di Desa Cepogo, dan Senin menggelar donor darah di Desa Lebak.

“Kami usahakan untuk update cadangan stok darah, bisa kami update per harinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Jepara Edy Sujatmiko melalui surat edarannya. Mendorong kepada semua ASN dan masyarakat umum agar berkenan menyumbangkan darahnya lewat kegiatan donor darah. Khusunya untuk kesediaan stok darah golongan B, yang sedang menipis.

Hal ini agar PMI Jepara bisa memenuhi kebutuhan darah setiap bulannya. Diharapkan masyarakat juga bisa tersadar agar donor darah menjadi gaya hidup, tidak lagi sebatas sesekali donor.

Dalam edaran tersebut, ia menghimbau kepada seluruh jajaran Forkopimda, OPD, Camat hingga Petinggi desa agar bisa mengajak seluruh masyarakat untuk berdonor. (MIKJPR-01)

Reporter :HJ/DS
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan