Google search engine

MIKJEPARA.com,JEPARA – Pengadaan tong sampah sangat penting untuk menciptakan lingkungan bersih. Tak terkecuali lingkungan di Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Tim KKN Unisnu Jepara angkatan ke-XVII berinisiatif bersama warga Desa Bakung berkegiatan gotong royong di dua dukuh yang ada di Desa Bakung, Dukuh Bakung dan Dukuh Bogorame selaa dua hari belum alam ini.

“Inisiatif ini kami laksanakan untuk menjaga lingkungan tetap bersih sehingga terhindar dari penyakit,” ucap Dwi Agung Nugroho Arianto dosen Unisnu sekaligus dosen pembimbing lapangan (dpl) KKN Unisnu Desa Bakung. Kegiatan ini juga melibatkan Karang Taruna Desa Bakung.

Aksi warga dan mahasiswa KKN Unisnu mulai bekerja bakti membersihkan selokan air yang tersumbat, mengumpulkan sampah yang berserakan di jalan, serta memangkas rerumputan yang sudah lebat. Selain itu, mereka juga mempersiapkan dan memasang tong sampah di beberapa titik strategis di desa, yakni di sekitar balai desa, sekolah, dan masjid.

Setelah bekerja bakti membersihkan lingkungan, tim mahasiswa KKN Unisnu melaksanakan pendampingan dalam pembuatan tong sampah dari tong bekas bersama warga.

“Kegiatan ini menginspirasi kami bahwa banyak limbah yang ada di sekitar kita bisa dimanfaatkan kembali, seperti tong bekas cat dan galon bekas ini untuk tempat sampah,” ujar Taslim Ketua Karang Taruna Desa Bakung. Kemudian, tim KKN Unisnu mengajak warga untuk mengecat tong sesuai dengan jenis sampah.

“Dengan adanya tong sampah yang terpisah untuk organik dan non-organik, kami berharap masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan dan bisa mengelola sampah dengan lebih baik,” Salu Mir’atul Latifah mahasiswa KKN Unisnu Desa Bakung. Kegiatan ini kami laksanakan sebagai upaya jangka panjang untuk menciptakan lingkungan desa yang lebih sehat dan nyaman untuk dihuni, imbuhnya.

Tinggalkan Balasan