Google search engine

MIKJEPARA.com, JEPARA -Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menyalurkan paket sembako kepada anak-anak stunting di Desa Sukosono Kecamatan Kedung, Selasa (1/10/2024). Bantuan paket sembako ini merupakan program yang diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara melalui program Jepara Sehat.

Total ada 400 paket sembako yang didistribusikan di 7 desa di 4 kecamatan. Di Sukosono ada 76 paket, Desa Guyangan Kecamatan Bangsri 68 paket, Desa Tunahan Kecamatan Keling 52 paket, Desa Troso Kecamatan Pecangaan 51 paket, serta Desa Mantingan, Kecapi, dan Ngabul di Kecamatan Tahunan dengan total 153 paket. Sedangkan di Desa Mantingan ada 35 paket, Kecapi 67, dan Ngabul 51.

Penjabat Bupati Edy Supriyanta menyampaikan jika program ini merupakan wujud sinergitas, soliditas, solidaritas, serta kontribusi positif antar lintas sektor dalam upaya menanggulangi stunting di Jepara.

“Ini bernilai penting karena atas kerja sama dan upaya komprehensif semua pihak, Jepara dapat menurunkan angka stunting secara signifikan menjadi 3,52 persen,” kata Edy Supriyanta.

Pencapaian tersebut, kata Edy, telah diakui pemerintah pusat dan mendapatkan apresiasi berupa dana insentif fiskal sebesar Rp6 miliar yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin pada awal September lalu di Jakarta.

“Kita semua harus bergerak bersama dalam upaya penanganan stunting. Mulai dari intervensi remaja putri, edukasi di sekolah, pemberian tablet tambah darah untuk mencegah anemia, menggalakkan pemeriksaan balita di posyandu, pencegahan munculnya kasus stunting baru, hingga bantuan dari Baznas seperti pada hari ini,” ungkapnya.

Dirinya berpesan kepada penerima bantuan agar menggunakannya dengan sebaik-baiknya. “Mari kita tingkatkan nilai gizi keluarga agar menghasilkan generasi yang sehat dan Jepara terbebas dari stunting,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sholih mengungkapkan jika Baznas Jepara terus bergerak aktif membantu penurunan stunting. Sebanyak 400 paket sembako telah disalurkan kepada anak-anak terdampak stunting_melalui program Jepara Sehat. Bantuan ini didistribusikan ke tujuh desa di empat kecamatan.

“Penyaluran ini adalah salah satu program Baznas, yaitu Jepara Sehat dalam rangka untuk mendorong dan membantu mengurangi stunting di Kabupaten Jepara,” ungkapnya.(MIKJPR-01)

Reporter : TJ/AL
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan