Arungi Laut Jawa, 3 Perenang Tempuh 90 KM Seberangi Karimunjawa – Jepara

0
232

MIKJEPARA.com, JEPARA – Sejumlah perenang dari Jepara Swim Club untuk pertama kalinya bakal menorehkan rekor baru. Berenang di perairan laut Jawa dengan jarak jauh, dengan misi penggalangan dana peduli lingkungan laut Jawa, pada Jumat (6/5/2022).

Dengan target menempuh jarak berenang 90 kilometer, tiga anggota Jepara Swim Club berenang dari Pantai Boby Pulau Karimunjawa menuju Pantai Tegal Sambi, Kecamatan Tahunan, Jepara.

Koordinator aksi Farah Elfirajun mengatakan renang kali ini dalam rangka Charity lingkungan oleh anggota Jepara Swim Club yang antaranya di ikuti oleh Gentiel Gielen, Lorenz Gielen, dan Khalid M. Menurutnya aksi berenang dengan misi lingkungan kali ini merupakan aksi pertama kalinya yang menempuh jarak berenang terjauh. 

“Saya rasa ini pertama kali untuk mereka dan pertama kali di Jawa Tengah belum pernah ada berenang dari Karimun ke Jepara,” kata Farah Elfirajun saat melepas tiga perenang dari Pantai Boby di Karimunjawa, Jumat (6/5/2022). 

Dalam menempuh jarak berenang sejauh 90 kilometer, dengan jarak bergantian setiap 5 kilometer. Nantinya masing-masing akan perenang akan mendapat jarak 30 kilometer, dengan estimasi perkirakan waktu yang ditempuh sekitar 50 jam. 

Lebih lanjut, dalam aksi Jepara Swim Club yang bertujuan dengan kepedulian lingkungan juga membuka donasi untuk masyarakat. Nantinya seluruh donasi akan dilakukan untuk membersihkan pantai di Jepara hingga melakukan konservasi alam dengan penanaman pohon mangrove.

Ditambahnya, apalagi kali ini geliat wisata mulai longgarkan, mereka juga berharap sektor pariwisata di Jepara dapat bangkit kembali. 

“Misi sebenar charity kali ini membersihkan pantai. Tapi kami juga berharap dunia wisata dapat pulih,” harapnya. 

Sementara Khalid M salah satu peserta renang 90 kilometer Pulau Karimunjawa ke Pantai Tegalsambi mengaku, sengaja ingin melakukan aksi peduli lingkungan agar pantai kembali bersih. Sebelumnya, dalam mengikuti kali ini ia mempersiapkan latihan rutin berenang jarak jauh dari Panti Bandengan, Jepara hingga Pulau Panjang, Jepara. Semoga kegiatannya sukses dan mendapat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat.

“Training program kita latihan berenang di Jepara berenang dari Bandengan Teluk Awur atau Pulau Panjang bolak balik, dua minggu sekali tes tes jarak jauh seperti itu,” ujarnya. (MIKJPR-01)

Reporter : JM/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan