Dukung Program Kampus Merdeka, UNISNU Kirim Mahasiswa Belajar ke Brunei

0
10

MIKJEPARA.comJEPARA – Pasca pandemi, berbagai program pertukaran dan beasiswa mahasiswa ke luar negeri semakin terbuka lebar. Salah satunya yang dijalankan oleh Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Internasional.

Kali ini, berbarengan penyambutan dan pelepasan Mahasiswa Program Transfer Kredit Internasional. ada sejumlah mahasiswa yang di ikutsertakan pada tahun akademik 2022/2023 ini.

Mahasiswa UNISNU Jepara yang ikutserta dalam program Transfer Kredit Internasional di Universiti Brunei Darussalam (UBD). (Foto : Humas)

Program Transfer Kredit Internasional merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memfasilitasi mahasiswa dalam upaya menguatkan dan menambah kompetensi melalui program studi lain atau perguruan tinggi lain di luar negeri.

Acara pelepasan tersebut dilaksanakan pada Selasa, (20/12/2022) bertempat di ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU.

Hadir dalam acara pelepasan, Rektor UNISNU Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, jajaran struktural rektorat, Kepala UPT Layanan Internasional, serta sejumlah unsur dekanat.

Tujuan dari program ini, untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi global dan juga sebagai salah satu upaya dalam mengantisipasi derasnya persaingan global dalam berbagai aspek.

Mahasiswa yang kembali dari Brunei, yakni Hilya (Prodi Pendidian Bahasa Inggris), dan mahasiswa yang akan dilepas yakni Aliyyudin Erick Kurniawan (Prodi Desani Produk).

Selama kuliah di Universiti Brunei Darussalam (UBD), Hilya masuk di Faculty of Arts and Social Sciences (FASS) dan mendapatkan mata kuliah American Literatur, Language in Society, Structure of English, dan Language Issues in Brunei.

Kepala UPT Layanan Internasional UNISNU Muhammad Nashrul Haqqi, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah menyambut mahasiswa, yakni Hilya yang baru saja menyelesaikan perkuliahan selama satu semester di Universiti Brunei Darussalam, dan berikutnya juga melepas Aliyyudin Erick Kurniawan yang juga akan belajar di UBD selama satu semester.

“Melalui Program Transfer Kredit Internasional, UNISNU telah beberapa kali mengirimkan mahasiswanya untuk kuliah di luar negeri dan masuk di kelas internasional. Program ini tentunya memberikan pengetahuan lebih dan pengalaman yang luar biasa kepada mahasiswa, karena mahasiswa kita dapat berjejaring dan berkomunikasi dengan mahasiswa dari berbagai negara.” Ungkap Nashrul

Sementara itu, Rektor UNISNU dalam sambutannya mengaku bangga dengan prestasi dan semangat mahasiswa dalam mengikuti program tersebut.

“Selamat dan sukses kepada Hilya yang kali ini berhasil mengarungi satu pengalaman baru, begitu juga selamat kepada saudara Aliyyudin Erick Kurniawan yang nanti akan berangkat ke Brunei Darussalam” pesan Rektor.

Aliyyudin Erick Kurniawan akan berangkat dari Unisnu Jepara pada tanggal 28 Desember 2022, selama satu semester akan menimba ilmu di Universiti Brunei Darussalam, Faculty of Arts and Social Sciences dan akan mendapatkan mata kuliah Introduction to Drawing, Introduction to Designe Studies, Culture and Creative Industries, serta Game Design. (MIKJPR-01)

Reporter : ZO/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan