Durian Khas Jepara Kantongi Sertifikat

0
2
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah Arif Surahman menyerahkan Sertifikat klaim varietas tanaman lokal dari Kemeterian Pertanian kepada Penjabat Bupati Edy Supriyanta di ruang kerjanya, Senin (15/8/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

MIKJEPARA.com, JEPARA – Usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara dalam melindungi komoditas lokal, Durian Handaka, membuahkan hasil. Sertifikat klaim varietas tanaman lokal dari Kemeterian Pertanian pun telah keluar.

Tanda telah terdaftar itu diterima Penjabat Bupati Edy Supriyanta di ruang kerjanya, Senin (15/8/2022). Penyerahannya diberikan oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah Arif Surahman.

Selain demi menjaga dan melestarikan varietas lokal, klaim tersebut diyakini sangat memberi manfaat karena dapat meningkatkan pendapatan para petani durian.

“Terima kasih atas pemberian sertifikat ini mudah-mudahan bisa dikembangkan,” ujar Edy.

Tercatat dalam sertifikat itu, pengajuan klaim Durian Handaka agar terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dilakukan pada 15 Juli 2022.

Kepala BPTP Jateng Arif Surahman mengatakan, durian varietas handaka mempunyai perbedaan ciri dan karakteristik dibanding durian lain. Di samping kulitanya yang tebal, warna daging buahnya kuning, dengan rasa perpaduan antara manis dan pahit.

“Ini hanya satu pohon yang ada, kalau ini tidak diselamatkan nantinya rugi Jepara,” tuturnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ratib Zaini melaporkan jika jenis durian itu merupakan satu dari sekian banyak varietas unggul yang dipunyai Jepara.

Dikatakan, Durian Handaka berasal dari Desa Raguklampitan, Kecamatan Batealit. Komoditas ini pernah menjadi juara favorit pada lomba durian tahun 2019. (DiskominfoJepara/AP)

Tinggalkan Balasan