Gelar Kontes Nasional, 854 Bonsai Ramaikan Pameran

0
38

MIKJEPARA.comJEPARA – Bertempat di Lapangan Tahunan Jepara, Sebanyak 854 tanaman bonsai dipamerkan diajang pameran dan kontes bonsai yang berskala Nasional. Kegiatan ini digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Jepara. Minggu, (4/12/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Kepala DiskopUMKnakertrans Samiadji, Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mukhammad Husnur Rofiq, Kepala Disparbud Zamroni Lestiaza, Ketua umum Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Erwin Wisamar.

Pembukaan pameran dan kontes bonsai yang berskala Nasional. Kegiatan ini digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Jepara. Minggu, (4/12/2022)

Ketua Panitia dr. Rendra Riantoni melaporkan, pada pameran dan kontes Indonesia Bonsai Fighter (IBF) sekala Nasional ini diikuti oleh 854, dengan rincian dikelas prospek 442, kelas pratama 305, kelas madya 66, kelas utama 27, kelas in show 14.

“Peserta paling jauh adalah dari Kota Aceh dan Kota Makasar,” kata Rendra.

Rendra berharap dengan adanya pemeran dan kontes Indonesia Bonsai Fighter ini dapat menambah memacu semangat para pecinta bonsai dan bisa menjadi agenda tahunan.

Kepala DiskopUKMnakertrans Samiadji mengatakan, bonsai merupakan karya yang digemari dan menjanjikan. Bonsai ini digemari oleh penikmatnya karena nilai estetika dan cita rasa seni yang tinggi.

“Bonsai bisa menjanjikan bagi pemiliknya, karena bonsai memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memiliki pesona dan keelokan tersendiri,” kata Samiadji.

Ia menambahkan, ini merupakan kegiatan luar biasa yang mampu mengenalkan bonsai melalui acara ini. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini pencinta bonsai di Kabupaten Jepara terus terlestarikan,” tambahnya.

Kegiatan ini tidak lain juga mengali potensi dampak positif untuk peningkatan ekonomi dan menjadi tali silahturami bagi pencinta bonsai.

“Pemerintah Kabupaten Jepara mendukung kegiatan pameran dan kontes ini. Tentunya bukan sekedar menyalurkan hobi, namun meningkatkan perekonomian masyarakat,” tegasnya.

Pembukaan pameran dan kontes bonsai nasional ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mukhammad Husnur Rofiq.

Pemenang pameran dan kontes tersebut kategori Best In Show diraih Agus Kupu-kupu Tangerang, Best In Class Pratama diraih Adeki Pati, Best In Class Madya diraih Zunarto Surabaya, Best In Class diraih Utama Sunarya Aryama Bali. (MIKJPR-01)

Reporter : DAr/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan