Hebat! SMKN 1 Jepara Menang Suzuki Skill Contest, Bawa Pulang Mobil

0
25

MIKJEPARA.com, JEPARA – Salah satu bentuk kepedulian Suzuki terhadap dunia pendidikan, menggelar Suzuki Skill Contest beberapa waktu lalu. General Manager PT Sejahtera Sunindo, Trada Joko Setiyono, mengaku sangat senang bisa menggelar lomba ini sebagai kepedulian Suzuki terhadap dunia pendidikan.

“Untuk peserta memang dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau vokasi di Jateng, kegiatan ini diikuti 28 SMK. Setelah melalui beberapa tahap, menyisakan enam sekolah. Enam SMK tersebut yang berebut tiga gelar juara, dengan hadiah utama Suzuki Baleno,” terangnya.

Para pemenang juara Suzuki Skill Contest dari SMKN 1 Jepara. Raih satu unit Mobil Suzuki Baleno. (Foto : Suzuki)

Kontes ini merupakan bentuk link and match antara dunia industri dengan dunia pendidikan, di mana harapannya siswa setelah lulus bisa langsung bekerja. Selain itu mereka juga bisa memiliki kompetensi dan skill yang diharapkan oleh dunia industri.

“Kegiatan ini sudah berjalan dua tahun. Pada tahun pertama 10 SMK berpartisipasi dan kini ada 28. Semuanya merupakan mitra binaan Suzuki,” kata Joko Setiyono di Dealer Suzuki BSB beberapa waktu lalu.

Section Head Technical Service 4W Suzuki Indomobil Sales menyatakan, materi yang mereka ujikan adalah standar minimum requirement teknisi saat bekerja di bengkel resmi merk tersebut. Mulai dari pengerjaan perawatan berkala sampai pada safety saat melakukannya.

“Baik teori maupun praktek, guru maupun siswa berperan aktif dalam kontes ini,” tambahnya.

Koordinator Aftersales Wilayah Semarang Suzuki Sunindo Trada Kusnadi menyatakan, selain contest skill pihaknya juga melakukan link and match, program matching dengan beberapa sekolah binaan.

“Tiga sampai empat bulan sekali, Suzuki mengundang guru-guru SMK untuk praktek. Mereka sekaligus sharing kebutuhan masyarakat dengan teknisi di bengkel resmi,” tuturnya.

Sementara Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Lilik Rachmawati menyatakan, sekolah kejuruan atau vokasi harus mempunyai kerja sama dengan industri. Sekolah kejuruan sambungnya, ada yang namanya penyelarasan kurikulum menyesuaikan dengan kebutuhan industri sehingga siswa ketika lulus bisa langsung terserap.

“Kami sangat berterimakasih kepada Suzuki dalam hal ini Sunindo Trada yang telah menggelar Skill Contest bagi SMK, harapannya terus berlanjut,” tuturnya.

Adapun terkait prestasi yang diraih siswanya, Kepala SMKN 1 Jepara Sugiyanto merasa senang dan bangga atas torehan juara ini.

“Semoga saja ini menjadi motivasi untuk kami dan siswa-siswi lainnya dikemudian hari, untuk bisa lebih aktif serta mengasah skillnya,” imbuh Pak Gik sapaan akrabnya.

Juara Gelar Suzuki Skill Contest, tiga sekolah di Jateng meraih juara. Juara I SMK Negeri 1 Jepara mendapat satu unit Suzuki Baleno, Juara II SMK Harapan Mulya Kendal dan Juara III SMK Palapa Semarang. masing-masing keduanya mendapat hadiah berupa engine assy. (MIKJPR-01)

Reporter : GK/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan