Jepara Raih Juara Stan Terbaik di Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022

MIKJEPARA.com, JEPARA – Kabupaten Jepara menjadi yang terbaik dalam Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022, yang diselengarakan di Kota Batu, provinsi Jawa Timur baru-baru ini.

Selain Jepara, peringkat kedua dan ketiga Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022 diraih oleh Kabupaten Tangerang dan Purworejo.

Hadir kegiatan di Kota Batu, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Asisten II Sekda Jepara Diyar Susanto, Kepala Disparbud Zamroni Lestiaza diwakili Kabid Promosi wisata Agus Wibowo, kepala DPMPTSP Hery Yulianto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Eriza Rudi Yulianto, dan Kepala Bagian Perekonomian Sekda Siti Nurjanah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Lestiaza mengatakan, kegiatan bertajuk Hybrid Event Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022, digelar di kawasan Balai Kota Among Tani Kota Batu, tanggal 25 hingga 27 Agustus 2022 lalu.

Kegiatan Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini diikuti berbagai kabupaten dan kota di Nusantara. Termasuk dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, juga Lombok, Nusa tenggara Barat (NTB).

Stan Jepara raih juara terbaik di Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022 yang digelar di kawasan Balai Kota Among Tani Kota Batu Malang. (Foto: Diskominfo Jepara)

Pada expo kali ini, selain produk ekonomi kreatif, juga promosi pariwisata yang ditampilkan. Diakui atau tidak, tren promosi pariwisata di Jepara tidak lepas keberadaan Pulau Karimunjawa. Banyak pengunjung yang antusias dan tertarik untuk bisa mengunjungi Pulau Karimunjawa.

“Kita tidak hanya mengenalkan produk, tapi menjual informasi mengenai pariwisata yang ada di Jepara,” kata Zamroni di kantornya, Senin (29/8/2022).

Dalam ajang tersebut, lanjut dia, produk unggulan Jepara yang dibawa, seperti Tenun Troso, Batik Jepara dan makanan ringan khas Jepara juga mendapat sambutan bagus dari pengunjung. Terbukti, produk yang ikut dipamerkan di stan habis dibeli pengunjung.

Dalam kegiatan tersebut Sekda Jepara Edy Sujatmiko diminta menyampaikan paparan terkait strategi pariwisata di Kabupaten Jepara. Kali ini Edy, mengangkat tentang potensi dan isu strategis pariwisata dan ekonomi daerah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Disampaikan Edy perlunya wisatawan berkunjung ke Jepara. Akan ada banyak hal yang akan mereka dapatkan. Mulai wisata alam, bahari, wisata sejarah dan budaya, hingga wisata buatan. Termasuk yang menjadi andalan Jepara adalah Laut Karimunjawa.

“Selain beragam jenis wisata tersebut, Jepara juga didukung potesi tenun, batik, dan ukir yang sudah mendunia. Selain itu ada kuliner menarik yang patut untuk dicoba,” ungkap Edy.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, untuk sarana akomodasi di Jepara sudah tersedia puluhan hotel (bintang dan non bintang), yang berada di Jepara serta 120 akomodasi hotel dan home stay yang tersedia di Karimunjawa.

“Transportasi sudah sangat mudah sekarang. Lewat jalur laut maupun udara,” terangnya.

Beragam even juga akan diselenggarakan untuk pemulihan ekonomi, seperti lomba mancing (14 hingga 16 Oktober 2022), Triathlon (12 November 2022), dan Let’s Gowes Karimunjawa 31 Desember hingga 1 Januari 2023 mendatang. (MIKJPR-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here