Kirab “Ratu Kalinyamat” disambut Meriah, Warga Jepara Turun ke Jalan

MIKJEPARA.com, JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta memimpin arak-arakan Ratu Kalinyamat pada Senin (13/11/2023). Arak-arakan ini menjadi bagian ungkapan syukur seluruh elemen masyarakat Jepara atas penobatan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional pada Jumat (10/11/2023) lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Kirab atau arak-arakan Ratu Kalinyamat ini dimulai dari wilayah perbatasan masuk Jepara, tepatnya didepan Balai Desa Gedangan Kecamatan Welahan menuju Pendapa Kabupaten. Sebelumnya diserahkan plakat piagam gelar pahlawan Ratu Kalinyamat dari Edy Supriyanta kepada Kepala Dinsospermasdes Edy Marwoto.

Pemeran Ratu Kalinyamat diapit oleh Pj. Bupati Jepara dan Wakil MPR RI menyusuri kota Jepara dalam prosesi kirab yang berlangsung pada Senin (13/11/2023). Foto : Diskominfo Jepara

Arak-arakan singgah terlebih dahulu di depan Kantor Kecamatan Kalinyamatan dan dilanjutkan ke Makam Mantingan untuk berziarah.

Sepanjang perjalanan, masyarakat Jepara antusias turun ke jalan menyambut arak-arakan Ratu Kalinyamat ini. Mulai dari para pelajar hingga masyarakat umum gegap gempita menyambut penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Ratu Kalinyamat ini.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengungkapkan jika keberhasilan mendapat gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat adalah buah perjuangan luar biasa.

Baca Juga : Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional, Bukti Sejarahnya Banyak Ditemukan di Portugal

“Nilai-nilai nasionalisme yang ditunjukkan oleh Ratu Jepara itu bisa menginspirasi anak bangsa dalam menjawab tantangan di masa datang. Banyak sekali pemikiran Ratu Kalinyamat  yang masih relevan untuk diterapkan di Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, antara lain ide poros maritim, yang sudah dipraktikkan di masanya,” katanya.

Gelar Pahlawan Nasional ini harus ditindak lanjuti dengan jiwa ksatria. Jadikan Ratu Kalinyamat sebagai semangat untuk memberi kenyamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat Jepara.

Edy melanjutkan jika pasca penetapan Kalinyamat sebagai pahlawan nasional ini, akan dilakukan pergantian nama Mall Pelayanan Publik (MPP) menjadi  MPP Ratu Kalinyamat.

“Nanti juga akan diadakan sosiaaisasi kepada masyarakat kerjasama dengan MPR RI. Termasuk juga ada rencana pentas katoprak dengan lakon Ratu Kalinyamat,” tandasnya. (MIKJPR-01)

Reporter : MK/NS
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here