Lestarikan Seni Tradisional, Pj Bupati Buka Festival Barongan di Pantai Kartini

0
18
Festival Barongan Jeparan, di Pantai Kartini Jepara, Minggu (28/8/2022).

MIKJEPARA.com, JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta membuka Festival Barongan Jeparan, di Pantai Kartini Jepara, Minggu (28/8/2022). Sebanyak 8 grup barongan se-Kabupaten Jepara mengikuti festival ini.

Edy mengapresiasi Festival Barongan ini. Menurutnya, kegiatan ini harus terus diselenggarakan agar kelestarian seni budaya tradisional seperti barongan ini bisa terjaga.

“Saya apresiasi kegiatan ini. Ini menjadi salah satu aset budaya yang kita miliki dan haeus terus dijaga dan dilestarikan,” ujar Edy.

Dalam kesempatan itu, Edy juga mengapresiasi Bima, bocah 6 tahun yang turut menjadi bagian dari salah satu grup barongan yang mengikuti festival. Keberadaan anak-anak sebagai generasi penerus penjaga kelestarian seni budaya harus diapresiasi. 

“Anak-anak seperti Bima yang sedari kecil sudah mau berkecimpung di seni barongan ini harus diapresiasi. Anak-anak yang lain harus didorong untuk ikut agar ada regenerasi,” jelasnya.

Ketua Panitia Sugiarto dalam laporannya mengungkapkan jika festival ini khusus menampilkan barongan khas Jepara. Festival ini digelar untuk melestarikan seni barongan di Jepara.

“Alhamdulilah banyak yang terlibat dalam seni barongan ini, mulai dari yang sudah senior hingga anak-anak,” tutur Sugiarto. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan