Meriahkan HUT ke-77 RI, Pejabat Hingga Siswa Sekolah Dasar Ikuti Lomba Ketapel

0
4
Lomba ketapel tingkat kabupaten di halaman rumah dinas Wakil Bupati Jepara, Jumat (12/8/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

MIKJEPARA.com, JEPARA – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bekerjasama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) menggelar lomba ketapel tingkat kabupaten di halaman rumah dinas Wakil Bupati Jepara, Jumat (12/8/2022).

Kegiatan ini diikuti mulai dari pejabat pemerintahan, staff perangkat daerah, guru hingga siswa sekolah dasar. Hadir Wadir Pelayanan RSUD RA Kartini dr. Teguh Iskadir, Kepala BKD Ony Sulistyawan, dan Kepala Dinsospermades Edy Marwoto. Mereka membaur memainkan permainan tradisional.

Ketua KPOTI Jepara Ahmad Kholik mengatakan, kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan salah satu cabang olahraga tradisional yang mulai terangkat di Kabupaten Jepara.

“Sekarang sudah banyak yang menyukai ketapel. Hari ini kita gelar lomba yang dikuti pejabat, hingga siswa sekolah dasar,” kata Kholik.

Menurut Kholik, tidak hanya menyosialisasikan olahraga tradisional saat lomba 17 Agustus, juga untuk memupuk semangat gotong royong menyambut kemerkdeaan hari kemerdekaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketapel ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan sudah dimasukkan dalam agenda besar di Festival ketapel Nusantara.

“Harapanya terus dipupuk dan dibina, tentu saja dengan perhatian Pemkab lewat Dikpora dan Disparbud,” ujarnya.

Permainan atau olahraga ketapel ini tidak hanya membuat sehat, dan mengasah ketangkasan pemainnya. Akan tetapi juga memiliki dampak ekonomi bagi perajin kayu untuk membuat alat ketapel ini. Diharapkan ketapel juga masuk dalam kejuaraan Porprov.

“Untuk pembinaan sudah dilakukan secara berjenjang. Desa diharapkan ikut melestarikan dengan mengalokasikan anggarannya untuk kegiatan olahraga tradisional,” pungkasnya. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan