Napak Tilas R.A Kartini, Pj Bupati Jepara Berkunjung ke Rembang

0
3
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta melakukan napak tilas di Kabupaten Rembang, Kamis (15/9/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

MIKJEPARA.com, JEPARA – Mengenang perjuangan Raden Ajeng (R.A) Kartini Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta melakukan napak tilas di Kabupaten Rembang, Kamis (15/9/2022).

Rombongan disambut hangat Bupati Rembang Abdul Hafidz, dan para pejabat di Pendopo Museum R.A Kartini Rembang. Ikut mendampingi Sekda Jepara Edy Sujatmiko, para asisten, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

“Kita sama-sama memiliki R.A Kartini. Kalau di Jepara tempat lahir Kartini, Rembang ini adalah tempat peristirahatan terakhir beliau,” ujar Edy Supriyanta.

Dikatakan Edy, Jepara dan Rembang memiliki kedekatan historis. Karenanya, saat itu RA Kartini sebagai putri Jepara dipersunting dan diboyong ke Rembang oleh Raden Adipati Joyodiningrat pada tanggal 12 November 1903.

Dalam kunjungannya, selain melakukan napak tilas, sekaligus menjalin kerjasama dengan Pemkab Rembang.

“Rekam jejak pemerintahan Rembang dan Jepara hampir sama. Kita sama – sama menjadi bagian penting perjuangan R.A Kartini,” jelasnya.

Secara geografis, lanjut dia, Kabupaten Rembang dan Jepara juga hampir sama. Karena berada di wilayah pesisir Pulau Jawa. Selain pantai, juga mempunyai potensi pegunungan.

Sementara Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, Kabupaten Rembang sudah tidak asing dengan sosok Edy Supriyanta. Pj. Bupati Jepara ini pernah menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Sekda Kabupaten Rembang selama sembilan bulan.

“Kalau dengan Rembang, pak Edy sudah hafal betul. Karena beliau pernah menjabat sebagai Plt. Sekda Rembang. Sehingga cukup dekat dengan ASN di sini,” ujar Hafidz.

Hafidz mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pj Bupati ke Kabupaten Rembang. Ia juga berjanji akan melakukan kunjungan balasan ke Kabupaten Jepara dalam waktu dekat.

“Kami juga akan melakukan kunjungan ke Jepara. Kami ingin melihat lebih dekat Karimunjawa,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Edy Supriyanta dan Abdul Hafidz berkesermpatan berkeliling ke Museum RA Kartini, yang berada di komplek pendopo Kabupaten Rembang.

Pj. Bupati melihat berbagai benda koleksi milik Kartini yang masih tersimpan dengan baik hingga sekarang. Kemudian dilanjutkan ziarah ke Makam Raden Ajeng Kartini. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan