Pengukuhan Pengurus Persada, Pj Bupati : Carik Harus Menjadi Jembatan Aspirasi

0
14

MIKJEPARA.com, JEPARA – Carik se-Kabupaten Jepara yang tergabung dalam Perhimpunan Sekretaris Desa (Persada) menggelar Pengukuhan Pengurus dan Peningkatan Kapasitas di Hall Rumah Makan Maribu, Kamis (1/9/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Haizul Ma’arif. Turut mendampingi Kepala Dinsospermasdes Edy Marwoto, Kepala BKD Ony Sulistijawan, Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Provinsi Jawa Tengah, Joko Prakoso.

Dalam sambutannya Edy Supriyanta mengatakan, dirinya minta Persada untuk selalu menjaga keharmonisan hubungan kerja yang baik dengan Petinggi, BPD, RT, RW, serta perangkat desa lainnya dan masyarakat di desanya.

“Persada harus kuat dan kompak sekaligus dapat membantu pemerintahan yang ada di kabupaten serta menjaga marwah perangkat desa itu sendiri,” kata Edy.

Tidak hanya itu, lanjut Edy, Persada adalah bagian dari leading sektor pembangunan yang harus sama-sama kita jaga harkat dan martabatnya ditengah masyarakat, baik bagi organisasi itu sendiri, maupun bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara.

“Kami ucapkan selamat kepada Ketua Persada yang baru. Semoga membawa perubahan bagi organisasinya, dan menjalin hubungan yang baik dengan Pemkab Jepara,” ujarnya.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memberikan sambutan pada acara Pengukuhan Pengurus dan Peningkatan Kapasitas yang digelar Perhimpunan Sekretaris Desa di Hall Rumah Makan Maribu, Kamis (1/9/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

Edy juga berpesan kepada para carik untuk menjadi pilar penting dan jembatan komunikasi aspirasi warga kepada pemerintah desa, hingga Pemkab Jepara. Ia juga menyampaikan, menjadi carik saat ini memang didominasi oleh anak-anak muda.

Harapannya anak-anak muda ini mampu membawa perubahan di era digital sehingga mampu menyelesaikan tugas sewaktu-waktu dibutuhkan, karena menjadi pamong, tugasnya momong warga dan harus siap 24 jam mengabdi untuk desa.

“Mudah-mudahan kegiatan ini lancar, sukses, dan bisa memberikan program-program yang baik, khususnya bagi carik yang melayani rakyat dengan segala caranya. Tetap memperhatikan situasi terkini, khususnya terkait bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam pendataan yang dalam beberapa kesempatan seringkali menjadi masalah,” tuturnya.

Sementara Ketua Persada Kabupaten Jepara Amin Ma’ruf menyebutkan jumlah carik yang tergabung dalam Persada ada 184 orang. Kemudian yang belum ada cariknya 8 desa, karena purna tugas sebagai PNS.

“Kamiberharap, dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas carik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Amin.

Selain itu, imbuh Amin, setiap permasalahan yang ada di desa bisa diselesaikan dengan musyawarah antar sesama anggota Persada.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi para carik, dan juga saling bertukar informasi untuk kemajuan desanya masing-masing,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta menyerahkan berita acara pengukuhan tersebut kepada Ketua Persada Amin Ma’ruf. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan