Peringati Hari Disabilitas, Pj Bupati : Jangan Ada Diskriminasi

0
6

MIKJEPARA.comJEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta jangan ada diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas. Menurutnya, penyandang disabilitas harus memperoleh kesempatan yang sama dalam segala hal. Ini disampaikan oleh Edy Supriyanta saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Depan Pendapa Kartini Jepara, Jumat (9/12/2022).

“Peringatan ini semoga menjadi momentum untuk menggugah kesadaran kolektif kita untuk lebih peduli terhadap keterlibatan para penyandang disabilitas di berbagai sektor kehidupan,” kata Edy.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Depan Pendapa Kartini Jepara, Jumat (9/12/2022).

Edy juga mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas. Sesuai dengan Perda Tentang Penyandang Disabilitas, perangkat daerah dan pengelola sektor-sektor publik untuk memberikan sarana dan akses memadai kepada penyandang disabilitas.

“Serapan tenaga kerja disabilitas di instansi pemerinyah, BUMD dan swasta untuk terus ditingkatkan. Oleh karena itu, peningkatan ketrampilan bagi kalangan disabilitas harus diberikan prioritas,” jelas Edy.

Melalui regulasi dan kebijakan serta melalui budaya masyarakat yang inklusif dan melalui kerjasama semua elemen, maka peningkatan partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam pembangunan bisa dilakukan. Akses terbukanya layanan publik yang ramah disabilitas juga terus didorong.

“Pemberian akses ini bukan bentuk belas kasihan. Tetapi lebih pada kesamaan dan kesetaraan hak sebagaimana warga lainnya. Karena penyandang disabilitas harus memperoleh pendidikan yang layak serta kesempatan luas untuk berprestasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Edy mendorong agar semua pihak berupaya keras menjadikan Jepara menjadi rumah yang semakin ramah, nyaman dan harapan bagi penyandang disabilitas untuk terus berkarya. “Mari sama-sama menjadikan Jepara kita ini menjadi tempat yang nyaman bagi para difabel,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di kota ukir itu juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada para penyandang disabilitas. Diantaranya kursi roda, walker, logistik pangan, kaki palsu hingga papan catur. Edy bahkan ikut bernyanyi bersama para penyandang disabilitas. (MIKJPR-01)

Reporter : DAr/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan