Pertama Digelar, Doa Lintas Agama Dipanjatkan di Wilujengan Rahayu

MIKJEPARA.com, JEPARA – Berbagai elemen masyarakat Jepara menggelar Wilujengan Rahayu di Alun-alun Jepara 1, Jumat (19/8/2022) malam. Wilujengan Rahayu ini menjadi bagian dari Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022.

Wilujengan Rahayu ini digelar sebagai ikhtiar bersama masyarakat Jepara yang mengharapkan keselamatan dan kedamaian di kota ukir. Ruwatan ini menampilkan juga menampilkan pentas wayang kulit lima dalang generasi muda yang dipimpin Ketua Pepadi Jepara Ki Hendro Suryokartiko. Wayang mengambil lakon Jepara Bangkit.

Sebelumnya, doa lintas agama juga dikumandangkan untuk meminta keselamatan, kedamaian dan kesejahteraan di Bumi Kartini. Wilujengan Rahayu ini semacam menjadi ritual untuk meruwat Negeri khususnya Jepara. Harapannya semua permasalahan dan konflik yang menghambat bisa sirna diatas panggung besar ini.

Wilujengan Rahayu ini dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jepara, Sekda Edy Sujatmiko, Perangkat Daerah, tokoh lintas agama dan sejumlah perwakilan elemen masyarakat. 

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta dan Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jepara potong tumpeng pada acara Wilujengan Rahayu di Alun-alun Jepara 1, Jumat (19/8/2022) malam.

Wilujengan Rahayu ini diawali dengan penampilan karawitan dari SMAN 1 Mlonggo, tari gambyong dan tari kolosal tiga perempuan Jepara oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jepara.

“Setelah selama dua tahun kita terbelenggu oleh pandemi Covid-19, hari ini kita patut bersyukur diberi kesehatan,” kata Edy Supriyanta.

Lebih lanjut, Edy berharap di hari kemerdekaan ini nasionalisme dan tali persaudaraan antar warga semakin meningkat sehingga mampu mencegah dan meminimalisir segala konflik.

“Mari kita bersama membawa Jepara ke arah yang lebih baik. Menuju Jepara Bangkit, Indonesia Maju,” tegasnya.

Sebagai bentuk syukur, Pj Bupati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jepara memotong tumpeng secara simbolis. Dilanjutkan dengan makan bersama semua elemen yang hadir dalam Wilujengan Rahayu ini. Masyarakat cukup antusias mengikuti acara yang baru pertama kali digelar ini. (MIKJPR-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here