PHRI Jepara Dilantik, Ingin Sinergi Dengan Stakeholder Pariwisata Untuk Jaga Lingkungan

0
48

MIKJEPARA.com, JEPARA – Pengurus Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) resmi dilantik. Mereka memiliki Pekerjaan Rumah (PR) untuk menjaga lingkungan di Jepara. Salah satu bagian lingkungan yang menjadi fokus PHRI Jepara adalah lingkungan laut dan pesisirnya.

Ketua BPC PHRI Jepara, Farah Elfirajun mengatakan, menjaga lingkungan laut bukanlah pekerjaan mudah. Alasannya, sejauh ini, kesadaran wisatawan dalam menjaga lingkungan masih cukup rendah.

Pengurus Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) resmi dilantik pada Selasa (9/8/2022). (Foto : MIK Jepara)

Hadir dalam pengukuhan tersebut, Pj. Bupati Jepara Edy Suptiyanta yang diwakilkan oleh Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Amin Ayahudi, Forkompinda Jepara, Kepala BPD PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan, BPC PHRI Jepara serta organisasi – organisasi yang terkait.

”Jepara harus lebih bersih. Harus menjaga lingkungan. Memang itu kerja keras buat ke depannya. Masyarakat kadang-kadang masih susah dikasih tahu menjaga kebersihan,” kata Farah usai dilantik di Pendapa RA Kartini Jepara, Selasa (9/8/2022).

Farah mengatakan, saat ini sudah banyak sekali hotel atau restoran yang letaknya di bibir pantai. Posisi strategis itu memang menguntungkan bagi Jepara untuk menggaet wisatawan lebih banyak.

Namun, di sisi lain, kerawanan kerusakan lingkungan juga menjadi ancaman. ”Itu harus kita jaga kebersihannya. Harus bebas sampah,” tegas Farah.

Selama lima tahun kepengurusannya ke depan, Farah ingin mengkolaborasikan wisata dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada. Pihaknya berencana merangkul pelaku UMKM untuk bersama-sama membangkitkan ekonomi Jepara. Selain dengan pelaku UMKM, PHRI Jepara juga berniat berkolaborasi dengan para budayawan atau seniman lokal.

Mengingat, potensi seni dan budaya Jepara juga bisa menambah daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. ”Kita akan kolaborasi dengan siapa saja. Untuk sama-sama memajukan ekonomi Jepara,” kata Farah. (MIKJPR-01)

Reporter : Bd/Fr
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan