Pj. Bupati : Ayo Warga Jepara Beli Beras Dari Petani Sendiri

0
1

MIKJEPARA.com, JEPARA – Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat untuk membeli beras dari para petani lokal Jepara. Selain menjaga ketahanan pangan, dapat meningkatkan kesejahteraan para petani sendiri di Kota Ukir.

Hal ini disampaikan Edy Supriyanta, saat meninjau Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Sejahtera, Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kamis (9/6/2022) pagi.

Pj Bupati Edy Supriyanta, saat meninjau Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Sejahtera, Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kamis (9/6/2022) pagi. (Diskominfo Jepara)

Ikut mendampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Zamroni Lestiaza, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan.

“Ayo kita nikmati hasil panen petanine dewe. Orak usah tuku beras soko luar kota. Jepara, uwes siap mencukupi. (Mari kita nikmati hasil panen petani sendiri. Tidak usah membeli beras dari luar. Jepara sudah siap memenuhi),” kata Edy.

Upaya membeli beras dari petani sendiri ini diharapkan semakin menyejahterakan para petani, meminimalkan mata rantai tengkulak, dan surplus beras di Jepara semakin meningkat.

Disampaikan Edy, produksi gabah di Jepara saat musim panen sebanyak 251 ribu ton. Khusus untuk tahun ini, hingga bulan April mencapai 70 ribu ton. Jumlah ini masih memenuhi kebutuhan beras setiap tahunnya di Jepara.

“Produksi beras kita masih surplus dan perlu dikembangkan lagi,” jelasnya.

Saat ini, ada 27 lumbung pangan masyarakat (LPM) yang tersebar di seluruh Kabupaten Jepara. Saat dilakukan pengecekan produksinya, hasilnya cukup bagus dan layak untuk dipasarkan, dan dikembangkan.

“Kita akan suport lumbung pangannya agar tetap berproduksi. ASN dan masarakat yang membeli hasil produksinya. Jika lebih baru dijual ke luar,” pungkasnya. (DiskominfoJepara/Dian).

Tinggalkan Balasan