Pj Bupati Tanam Pohon dan Bersih Pantai Bersama Ratusan Mahasiswa

0
5

MIKJEPARA.com, JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama dengan ratusan mahasiswa Universitas Terbuka melakukan penanaman pohon dan bersih pantai di Obyek Wisata Pantai Bandengan, Minggu (28/8/2022).

Kegiatan bersih pantai dan tanam pohon tersebut menjadi salah satu rangkaian dies natalis Universitas Terbuka.

Edy Supriyanta mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para mahasiswa tersebut. Menurutnya, ini menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan utamanya di kawasan pesisir.

“Saat ini kita masih dihadapkan pada persoalan kerusakan lingkungan beserta dampak perubahan iklim yang menyertai. Untuk itu butuh kerja sama dari berbagai elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan,” kata Edy.

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama dengan ratusan mahasiswa Universitas Terbuka melakukan penanaman pohon dan bersih pantai di Obyek Wisata Pantai Bandengan, Minggu (28/8/2022).

Edy menambahkan jika sampah menjadi persoalan global yang serius, utamanya sampah plastik.

Ia mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah China. Sedangkan di Jepara, setiap hari dihasilkan lebih dari 400 ton sampah. Sebagian besar juga berupa plastik. 

“Seiring dengan pertumbuhan penduduk, maka timbunan sampah juga akan terus meningkat. Jika kesadaran masyarakat masih kurang ditambah pengelolaan yang belum komprehensif dan sinergis, maka persoalan sampah akan jadi persoalan yang sulit diurai dan turun temurun,” jelasnya. 

Untuk itu, dirinya berharap besar kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan menjadi sebuah rutinitas. Namun hal yang paling mendasar untuk mencintai lingkungan bisa dimulai dari lingkungan terdekat.

“Hal ini bisa dimulai dengan menanam pohon di lingkungan sekitar rumah atau memilah sampah mulai dari rumah masing-masing. Itu artinya kita telah mengambil peran dalam mencintai bumi serta mewujudkan keseimbangan pengelolaan lingkungan,” pungkasnya. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan