Popda Jepara Resmi Dibuka, Sekda Ingatkan Sportifitas Pelajar

0
12
Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat membuka Popda Kabupaten Jepara 2022 di Gedung Wanita Jepara, Rabu (14/9/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

MIKJEPARA.com, JEPARA – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Kabupaten Jepara tahun 2022 mulai digelar. Ada 21 cabang olahraga yang dipertandingkan untuk pelajar di semua tingkatan mulai SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK.

Popda Kabupaten Jepara 2022, dibuka secara resmi oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko di Gedung Wanita Jepara, Rabu (14/9/2022). Turut mendampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Ali Hidayat, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Subianto.

Plt. Disdikpora Ali Hidayat mengatakan, Popda Jepara dilaksanakan mulai 14 hingga 22 September 2022. Ada 21 cabang olahraga dengan total sebanyak 3.500 atlet dan official di semua tingkatan. Khusus untuk cabang olahraga karate yang kali ini dibuka secara resmi Sekda, diikuti sebanyak 196 atlet.

“Popda ini untuk meningkatkan pembinaan oahraga di Jepara, sekaligus penyiapan atlet berbakat di Popda Provinsi 2023 mendatang,” terang Ali.

Sementara Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengatakan, Popda yang diikuti para pelajar ini menunjukkan kebangkitan olahraga di Kabupaten Jepara pasca pandemi Covid-19. Edy berharap, dalam kompetisi seluruh atlet untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

“Junjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Jangan sampai menghalalkan segala cara untuk dapat meraih kemenangan,” tegas Edy.

Edy berpesan bagi para atlet, diharapkan untuk siap menang dan siap kalah. Jangan sampai mereka emosi, dah bahkan patah arang karena kalah dalam kompetisi.

“Kemenangan diawali dari sebuah kekalahan. Sikap kesatria menerima kekalahan harus ditanamkan kepada mereka sejak dini,” tandasnya.

Kepada wasit (penengah) kejuaraan untuk tidak bersifat subyektif. Akan tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Sehingga Popda ini, akan menjadi jalan prestasi bagi mereka untuk melaju ke tingkat provinsi dan nasional.

“Saya yakin mereka akan tumbuh menjadi atlet di level provinsi, atlet nasional, dan internasional. Kelak akan membanggakan nama Jepara,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Jateng juga menyerahkan bantuan dana sosial kepada Pemkab Jepara untuk penanganan anak tidak sekolah senilai Rp56 juta rupiah. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan