Resmikan Taman Beji di Pura Giri Natha, Kasespim: Supaya Serdik Beribadah dengan Khusyuk

0
16

MIKJEPARA.com, LEMBANG – Agama Hindu adalah agama yang pertama kali masuk ke Nusantara dari India. Pedagang India yang menjual rempah-rempah dan sutra mencapai Nusantara dengan membawa agama Hinduisme.

Saat ini, ada banyak bukti sejarah Hindu di Indonesia, terutama di bali. Bali sendiri dikenal sebagai “Pulau Seribu Pura” karena banyak tempat suci yang digunakan sebagai symbol kemuliaan hindu.

Hal tersebut disampaikan Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Drs. Herry Rudolf  Nahak, M.SI saat memberikan sambutan pada peresmian Taman Beji di Pura Giri Natha Sespim Polri, Lembang, Senin (16/05/2022).

Diungkapkan Herry bahwa umat Hindu memelihara dan melestarikan budaya leluhur dengan membangun pura sebagai tempat pemujaan.

“Keberadaan Taman Beji sangat penting, karena semua Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-62 yang beragama Hindu berkewajiban melestarikan warisan leluhur dan sebagai tempat untuk beribadah,” ujar Herry.

Herry menyebut Taman Beji di Pura Giri Natha tersebut ada di Komplek Sespimmen Polri yang berada Jl. Maribaya, Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

“Taman Beji ini bergaya Arsitektur Bali. Struktur bangunan Pura ini memiliki detail ornamen yang sangat identik dengan unsur-unsur dan ornament yang berasal dari Bali,” bebernya.

Sementara Serdik Sespimmen Polri Dikreg ke-62 Kompol I Putu Bagus Krisna Purnama mengatakan bahwa Taman beji bukan hanya untuk pemujaan atau sembahyang, melainkan tempat suci.

“Karena untuk mendirikan Taman Beji harus mengikuti beberapa syarat sehingga menjadi tempat suci. Saya berharap dengan diresmikannya Taman beji ini ibadahnya dapat berlangsung lebih khusyuk,” ucapnya.

Khrisna menambahkan dengan dibangunnya Taman Beji ini para Peserta Didik Sespimmen Polri khususnya Dikreg 62 dapat melaksanakan ibadahnya dengan penuh khidmat. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan