Tingkatkan Kualitas, Pemkab Beri Pembinaan Khatib se-Kabupaten Jepara

0
9
Pembinaan Khotib di Gedung Shima Setda Jepara, Selasa (23/8/2022). (Foto: Diskominfo Jepara)

MIKJEPARA.com, JEPARA – Dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kualitas khotib, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelar Pembinaan Khotib yang diikuti 60 Khatib dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara bertempat di Gedung Shima Setda Jepara, Selasa, (23/8/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Jepara untuk meningkatkan kemampuan dan melakukan pemberdayaan terhadap khotib yang ada di Jepara.

Hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko, Plt. Asisten I Sekda Jepara Ahmad Djunaidi, Kabag Kesra Setda Jepara Agus Bambang Lelono, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jepara Mashudi, Penyuluh Agama Islam Kemenag Jepara Kuswanto.

Edy Sujatmiko menyampaikan, keberadaan dan kedudukan khotib menjadi ujung tombak dalam pembinaan umat islam, ditengah pesatnya dinamika kehidupan masyarakat saat ini.

“Peran khotib diharapkan mampu menampung segala aspirasi umat dan ikut memberi solusi terhadap berbagai problematika sosial yang menyertai,” kata Edy.

Edy berharap agar peran khotib dapat memberikan pembinaan spiritual dengan menumbuhkan dan merajut ukhuwah Islamiyah demi terciptanya kondutifitas dan kedamaian masyarakat di wilayah Kabupaten Jepara.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jepara Mashudi menyampaikan, kedudukan khotib sebagai komunikator yang memberi teladan melakukan penguatan semua sektor kehidupan utamanya bidang agama dan ekonomi.

“Kita sebagai khotib harus memberi pengarahan kepada umat untuk hidup damai, rukun dan toleran,” tandas Mashudi. (MIKJPR-01)

Tinggalkan Balasan