Anggota Pakasa Jepara Periode 2022-2027 Resmi Dilantik

0
6

MIKJEPARA.com, JEPARA – Sebanyak 223 anggota Paguyuban Kawula Karaton Surakarta (Pakasa) Cabang Kabupaten Jepara periode 2022 – 2027 akhirnya resmi dilantik di Pendopo Kartini, Minggu (20/02/2022).

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota Paguyuban Kawula Keraton Surakarta Cabang Jepara yang baru dan peparingan kekancingan.

Pelantikan Paguyuban Kawula Karaton Surakarta (Pakasa) Cabang Kabupaten Jepara periode 2022 – 2027 di Pendopo Kartini, Minggu (20/02/2022). (Foto : Diskominfo Jepara)

“Selamat atas dilantiknya anggota Pakasa, Semoga amanah dalam menjalankan jabatan barunya,” ucap Andi, sapaan akrabnya.

Andi menambahkan, ditengah akulturasi budaya banyak pendatang yang membawa kesenian dan budaya masing-masing, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Kalau kita tidak berpegang teguh pada budaya sendiri, bisa saja budaya kita yang menghilang.

“Ini adalah tantangan kita bersama untuk melestarikan kebudayaan kita sendiri, pemerintah akan senantiasa mendorong secara simultan agar masyarakat mencintai dan melestarikan budanyanya sendiri,” tegasnya.

Ia berharap dengan adanya paguyuban seperti ini, nantinya dapat mempererat hubungan Kabupaten Jepara dan Keraton Kasunanan Surakarta.

Sementara itu Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat Koes Moertiyah Wandasari mengatakan, pelantikan ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan jawa agar tidak terkikis oleh modernisasi.

“Nguri-nguri budaya itu penting. Mari bersama-sama mewujudkan. Kalau bukan kita siapa lagi,” tegas Moertiyah.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jepara Dian Kristiandi, Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat Koes Moertiyah Wandasari, Pangarsa Pakasa Punjer Wirabhumi, Ketua PAKASA Pung Jepara Bambang S. Hadipuro serta para anggota Pakasa yang dilantik. (MIKJPR-01)

Reporter : And/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan