Dukung Desa Wisata Welahan, Bersama Tebar Benih Ikan di Kali Boom

0
193

MIKJEPARA.com, JEPARA – Desa Welahan Kecamatan Welahan Jepara merupakan salah satu desa yang memiliki potensi wisata dengan beraneka ragam unggulan, mulai dari wisata sejarah, religi, kuliner hingga yang terbaru adalah wisata air.

Dalam rangka mendukung rintisan Desa Wisata Welahan, sejumlah pejabat tampak hadir dalam kegiatan tebar benih ikan nila sekaligus panen ikan di sepanjang bantaran kali Boom pada Senin (1/2/2021) pagi. Nampak hadir diantaranya Bupati Jepara H. Dian Kristiandi, Ketua DPRD Haizul Ma’arif serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati, Ketua DPRD, Petinggi bersama rombongan tengah melihat langsung Kali Boom yang akan dijadikan objek wisata air. (Foto : Setwan)

Tebar benih ikan untuk budidaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Jepara, agar keberadaan Kali Boom Desa Welahan dapat dimanfaatkan secara optimal dan mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Masyarakat di Desa Welahan memang sudah sejak lama ingin menjadikan Kali Boom ini sebagai destinasi wisata kebanggaan desa. Namun karena banyaknya sampah dan juga tumbuhan enceng gondok niat tersebut urung terlaksana.

Hal ini yang menjadikan lokasi ini sering terjadi banjir dan air meluap. Setelah ada sosialisasi dari dinas terkait dan pendampingan dari beberapa unsur masyarakat akhirnya dilakukan gotong royong kerja bhakti bersama-sama untuk membersihkan kali tersebut.

Menurut Haizul Ma’arif, Kali Boom Desa Welahan ini cukup potensial untuk dijadikan destinasi wisata. Selain lokasinya yang strategis, karena berada tidak jauh dari jalan lintas Jepara – Demak, lokasi Kali Boom juga sudah bersih dari sampah dan tumbuhan enceng gondok.

Jika potensi yang ada ini mampu dimanfaatkan dengan optimal, sangat mungkin Kali Boom dapat menjadi destinasi wisata yang sekaligus bisa menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat sekitar

Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, disinggung mengenai program desa wisata mengatakan akan ikut mengawal dan memfasilitasi pembangunan jalan dan fasilitas lainnya di sekitar lokasi Kali Boom Desa Welahan.

“Untuk itu, kepada masyarakat, mari kita awasi dan dukung bersama setiap pembangunan yang ada di desa welahan ini. Semoga, apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terwujud,” pungkasnya

Karena itu, masyarakat sangat berharap dukungan dari pemerintah daerah untuk mengembangkan lokasi tersebut menjadi destinasi wisata yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Sementara sudah ada beberapa penambahan lokasi bakal tempat wisata kuliner dari hasil budidaya ikan di kali boom oleh masyarakat sekitar.

Sementara itu Ketua Desa Wisata Kabupaten Jepara (Deswara) Abdul Rohman, mengungkapkan bahwa saat ini Welahan tengah merintis Desa Wisata bersama kurang lebih 23 Desa lainnya di Jepara. Ini merupakan program dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang tertuang dalam SK Bupati No. 556/329 tahun 2020.

“Untuk Welahan saat ini sedang fokus menggarap Objek Wisata air Kali Boom, untuk kedepan rencananya juga mengembangkan wisata agro kebun belimbing. Karena kita tahu disini ada belimbing khas welahan,” ungkapnya. (MIKJPR-01)

Reporter : Andie/Rohman
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan