Edy Supriyanta Luncurkan JIF-BW, Diharapkan Event Ramai Pengunjung

0
159

MIKJEPARA.com, JEPARA – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta secara resmi melaunching Jepara International Furniture Buyer Weeks (JIF-BW) 2023 di Pendapa Kartini, Kamis (16/2/2023) malam. JIF-BW merupakan pameran furnitur berskala internasional yang akan diselenggarakan 5-19 Maret mendatang di Jepara.

Peluncuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Edy Supriyanta yang selanjutnya diserahkan kepada perwakilan panitia Jamhari. Launching ini sekaligus roadshow pertama kegiatan pameran furniture skala internasional pertama yang digelar di kota ukir. 

Edy Supriyanta secara resmi melaunching Jepara International Furniture Buyer Weeks (JIF-BW) 2023 di Pendapa Kartini, Kamis (16/2/2023). Foto : Kominfo Jepara

Menurut Edy Supriyanta, pameran ini untuk memperkuat branding Jepara sebagai kota ukir dan mebel. Selain itu, pameran ini juga untuk merespon arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Kita semua berharap pameran ini dapat menguatkan industri mebel dan ukir Jepara. Termasuk untuk penguatan branding Jepara sebagai kota ukir,” ujar Edy.

Orang nomor satu di kota ukir tersebut menyebut jika nilai ekspor kayu dan olahannya terus meningkat. Pada tahun 2022, nilai ekspor komoditas furnitur kayu sudah mencapai 192,9 juta US Dollar. Naik dari 188,3 juta US Dollar di tahun 2020 dan 183,6 juta US Dollar pada tahun 2021.

“Sebenarnya pelaku industri kayu di Jepara sudah ingin menggelar pameran berskala internasional sejak beberapa tahun lalu, hanya saja masih terkendala beberapa hal hingga akhirnya baru tahun ini dilaksanakan,” jelasnya.

Acara yang akan dilaksanakan 5-19 Maret 2023 ini diharapkan mendapat dukungan dari seluruh pihak. Edy juga meminta agar sosialisasi dan promosi dilakukan secara masif kepada masyarakat. Tak hanya promosi produk kayu, Edy Supriyanta juga mengarahkan agar sektor pariwisata khususnya hotel mulai bersiap menyukseskan dan menyambut pengunjung yang datang.

“Silakan gunakan Pendopo Alit untuk kantor sekaligus ruang galeri pameran, ekspresikan sebebasnya,” pungkasnya.

Turut hadir Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif, Wakapolres Jepara Kompol Berry, Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Eriza Rudy Yulianto, Kepala Dinas Penananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Hery Yuliyanto serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Arif Darmawan. Peluncuran ini juga dihadiri ratusan pelaku industri kayu di Jepara (MIKJPR-01)

Reporter : Gd/xpo
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here