Hari Kartini, Pj Bupati : Mari Teladani Semangat dan Nilai-nilai Perjuangan Beliau untuk Kemajuan Bangsa

MIKJEPARA.com, JEPARA – Peringatan ke-145 Hari Kartini di Kabupaten Jepara berlangsung meriah, pada Senin (22/4/2024). Berbagai elemen masyarakat di Kota Ukir ikut memperingati dan merayakan Hari Kartini dengan beragam cara.

Termasuk kalangan birokrasi di Kabupaten Jepara. Mulai dari Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Sujatmiko hingga para ASN juga ikut mangayubagyo momen penting ini.

Lomba keluwesan yang diperagakan para ASN dilingkungan Setda Jepara pada peringatan Hari Kartini 2024 (Foto : Diskominfo Jepara)

Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Termasuk busana tradisional khas Bumi Kartini berbahan kain tenun ikat Troso motif hujan gerimis.

Pj Bupati Jepara H. Edy Supriyanta menyampaikan tema yang diusung saat Hari Kartini tahun ini adalah “Gelora Semangat Kartini untuk Ekonomi Jepara Maju dan Inklusif”.

Tema itu menjadi penjabaran dari spirit “Trus Karya Tataning Bumi” yang menjadi inspirasi warga Jepara untuk selalu maju dan bermanfaat bagi kehidupan.

“Ayo terus kobarkan semangat perjuangan RA Kartini untuk mengatasi permasalahan bangsa. Selamat Hari Kartini,” ujar Pj Bupati Jepara.

Menurut Edy Supriyanta, Kabupaten Jepara memang memiliki kedekatan historis dan geografis dengan sosok RA Kartini.

Di Jepara misalnya, hingga kini masih ada pendopo serta kamar pingit yang pernah menemani aktivitas Kartini hingga dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan Indonesia.

Selain itu, kemasyhuran ukiran Jepara yang mendunia juga menjadi bukti perjuangan yang pernah dilakukan RA Kartini.

“Tak hanya itu, aktivitas beliau menyalakan api nasionalisme pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia juga dilakukan di Jepara,” kata dia.

Pj Bupati Jepara menambahkan RA Kartini juga punya peran besar dalam membentuk dan merubah peradaban manusia Indonesia melalui pendidikan kaum perempuan.

“Sebagai pewaris dan keturunan ideologis Kartini saya mengajak, mari teladani semangat dan nilai-nilai perjuangan beliau untuk kemajuan bangsa,” tuturnya.

Beragam lomba yang digelar di halaman Setda Jepara ikut memeriahkan rangkaian peringatan Hari Kartini di Jepara. Salah satunya adalah lomba keluwesan yang diikuti pimpinan dan para ASN dari berbagai instansi pemerintah lingkup Pemkab Jepara.

Dewan juri ajang keluwesan ini adalah Pj Bupati Jepara, Sekda Jepara, dan duta genre. Sedang aspek utama penilaian yakni aksi unik para peserta saat melintas di atas karpet merah.

Lomba keluwesan ini dimenangkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara sebagai juara I. Diikuti oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda yang menjadi juara II dan III.

Sementara juara I, II, dan III pada lomba gerak dan joget, secara berurutan diraih Dinas Lingkungan Hidup (DLH), RSUD R.A. Kartini, dan Bagian Perekonomian dan SDA Setda Jepara. (MIKJPR-01)

Reporter : Ols/Xpo
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here