Jateng Diprediksi Hujan Lebat, Jepara Waspada Banjir Rob Dini Hari

0
5
Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) A Fachri Radjab menjelaskan kondisi cuaca saat ini dan prediksinya selama sepekan, Senin (4/1), di Kantor BMKG, Jakarta. Potensi hujan di Jawa saat ini hanya intensitas ringan-sedang, tetapi berpotensi terus meningkat menjadi sedang-lebat, terutama di akhir pekan ini. Kompas/Johanes Galuh Bimantara (JOG) 04-01-2016

MIKJEPARA.com, JEPARA – Sebagian besar wilayah di Jawa Tengah berpotensi hujan sejak pagi. Potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di daerah pegunungan antara siang dan sore atau awal malam.

BMKG stasiun meteorologi Ahmad Yani Semarang memperkirakan pagi ini umumnya berawan, Jawa Tengah bagian utara hujan ringan sedang. Kota Semarang yang ada di sisi utara Jateng saat ini dilanda hujan ringan sejak dini hari tadi, sedangkan Jepara saat ini masih mendung.

Ilustrasi : BMKG

“Siang/sore, awal malam hujan ringan sedang tersebar tidak merata dengan waktu bervariasi terutama di daerah pegunungan dan Jawa Tengah bagian Selatan. Hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di daerah pegunungan,” kata prakirawan, Arif N dalam info cuaca, Selasa (22/12/2021).

“Waspada bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan sambaran petir,” lanjutnya.

Berikut prakiraan cuaca Jateng hari ini, berlaku pukul 07.00-19.00 WIB:

Hujan ringan-sedang :
Cilacap, Kebumen, Purworejo, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kendal, Batang, Pemalang, Brebes, Solo, Semarang, Pekalongan, Tegal.

Hujan sedang-lebat :
Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Karanganyar, Ungaran, Temanggung, Kajen, Slawi, Magelang, Salatiga, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Sementara itu, Peringatan Dini Banjir Pesisir (Rob) dari BMKG juga berlaku mulai tanggal 22-23 Desember 2021 pukul 00.00 – 04.00 WIB.

“Mohon menjadi perhatian bagi wilayah pesisir yang biasa terdampak banjir Rob untuk dapat diantisipasi,” imbuhnya. (MIKJPR-01)

Reporter : And/Xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan