Kampung Siaga Covid-19 Welahan Dibentuk, Tekan Penyebaran Transmisi Lokal

0
41

MIKJEPARA.comJEPARA – Setelah membentuk Kampung Siaga Covid-19 di beberapa desa di Jepara. Kini giliran Desa Karanganyar Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara diresmikan sebagai kampung siaga dalam rangka antisispasi penyebaran pandemi covid-19.

Sebelumnya Polres Jepara juga telah meresmikan kampung yang sama di sejumlah desa. Hal ini merujuk dari arahan Kapolda Jateng untuk membentuk kampung siaga covid di masing-masing wilayah.

Posko Kampung Siaga Covid-19 Desa Karanganyar Welahan telah diresmikan

Tujuan dari dibentuknya kampung siaga covid 19, dalam rangka memutus rantai penyebaran covid-19, terutama di wilayah Kecamatan Welahan yang saat ini masuk zona merah

Kapolsek Welahan, AKP Suyitno mengatakan bahwa peresmian Kampung Siaga Covid-19 merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolda Jawa Tengah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dengan memberdayakan masyarakat melalui siaga covid-19.

“Kita tahu bahwa di wilayah Welahan saat ini masuk zona merah, bahkan tertinggi kedua di Jepara. Karena itu, sudah saatnya kita siaga penuh menjaga lingkungan desa agar terhindar dari pandemi ini,” terangnya

Acara peresmian kampung siaga covid-19 tersebut di ikuti oleh Plt. Camat bersama Kapolsek, Danramil Welahan serta jajaran Muspika kecamatan. Turut hadir juga Petinggi desa, beberapa tokoh masyarakat, bhabinkamtibmas serta babinsa setempat.

Plt. Camat Welahan Sundari, menjelaskan bahwa beberapa desa di Welahan saat ini juga telah merintis kampung siaga covid-19, diantaranya adalah Desa Karanganyar, Welahan, Sidigede, Kendengsidialit, Ketileng Singolelo.

“Kami berharap pandemi ini bisa segera berakhir, dan kami akan selalu memberikan edukasi percepatan pencegahan penyebaran virus corona lewat program kampung siaga,” jelasnya.

Beberapa program yang digalakkan oleh relawan desa RT/RW serta seluruh elemen masyarakat diantaranya, mengajak seluruh masyarakat menjaga pola hidup sehat dengan selalu memakai masker dalam beraktivitas, sesering mungkin cuci tangan, makan-makanan yang bergizi serta olahraga rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hingga saat ini, kasus yang di dapati oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Kabupaten Jepara per Jum’at (12/6/2020) mencapai 49 kasus positif.

Dari jumlah pasien yang terkonfirmasi positif ini, 6 orang dinyatakan sembuh, 4 meninggal dan 39 masih dirawat.

Dari pasien yang dirawat ini, 6 orang dirawat di rumah sakit diluar daerah dan 33 dirawat didalam daerah yang terinci 7 orang dirawat di rumah sakit dan 26 orang dirawat dengan isolasi mandiri di rumah.

Mereka yang dirawat di rumah sakit terinci RS Kartini 1 orang, RS Rehatta 5 orang, RS Graha 1 orang.

Sementara pasien PDP Jepara saat ini tercatat 40 orang dengan rincian 21 dirawat di dalam daerah, 4 di luar daerah dan 15 orang dalam pengawasan tim medis, jumlah pasien PDP Jepara yang meninggal dunia 22 orang. (MIKJPR-01)

Reporter : Purwanto
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan