Momen Pergantian Tahun Baru, Wisatawan Karimunjawa Tergolong Sepi

0
12

MIKJEPARA.com, JEPARA – Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara, menyatakan bahwa objek wisata Karimunjawa tetap dibuka untuk menerima kunjungan wisatawan selama musim liburan Natal dan Tahun Baru 2022, dengan mewajibkan setiap pengunjung jalani rapid test antigen.

Hal ini memang sudah biasa diberlakukan selama ada kelonggaran kunjungan wisatawan ke Karimunjawa beberapa bulan terakhir. Namun dibandingkan dengan masa liburan kemarin, didapati ada kenaikan jumlah wisatawan saat libur nataru pekan ini.

Sejumlah wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke Karimunjawa, lakukan rapid test antigen di Kantor Pelabuhan Kartini Jepara pada Jum’at (31/12/2021). (Dok : Foto MIKJPR/xpo)

“Kalau dibandingkan dengan libur nataru tahun lalu saat pandemi, kita ada kenaikan penumpang karena sudah ada kelonggaran. Namun menurut perhitungan kami, masih tergolong sepi karena biasanya libur tahun baru pasti membludak penumpangnya,” terang Jefri Putra Kepala Cabang Express Bahari Jepara, pada Jum’at (31/12/2021).

Pihaknya juga mengaku tidak ada penambahan trip penyeberangan saat liburan. Meskipun masih tetap dibuka, dia membatasi jumlah kursi secara sosial distancing dengan kapasitas 287 seat.

Padahal, biasanya pada momen-momen liburan nataru seperti ini kapal Express Bahari bisa berangkat ke Karimunjawa hingga tiga kali trip. Namun kali ini hanya satu trip saja, itupun tidak maksimal jumlah penumpangnya.

“Satu trip saja itu tidak terlalu maksimal juga mas. Memang sepi, kaya kemarin Natal itu juga sepi. Yang naik didominasi warga Karimunjawa,” ungkap Jefri.

Ia menceritakan, rata-rata penumpang kali ini berasal dari Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Namun, tak sedikit pula penumpang merupakan warga lokal Karimunjawa sendiri.

Meskipun kasus Covid-19 di Jepara mulai melandai, pihak pelabuhan tidak mengendorkan protokol kesehatan. Para penumpang tetap diwajibkan menyertakan hasil rapid tes antigen dengan jangka 1 kali 24 jam dan kartu vakisinasi.

Sementara itu, salah satu wisatawan asal Semarang Nia (28) mengaku kali ini ia bersama keluarganya ingin menghabiskan masa liburan dan momen pergantian tahun baru di Pulau Karimunjawa.

“Kami sekeluarga rencana pulang Minggu mas, mau tahun barunan disana sama keluarga. Mumpung anak-anak masih libur sekolah,” terangnya

Ia mengaku memilih liburan ke Karimunjawa karena ingin melihat keindahan bawah laut pulau yang terkenal akan keanekaragaman biota lautnya. (MIKJPR-01)

Reporter : And/Xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan