Obor Api Abadi Porprov Singgah di Jepara, Besok Lanjut ke Pati

MIKJEPARA.com, JEPARA – Obor api abadi Porprov Jawa Tengah ke XVI akhirnya singgah di Kabupaten Jepara. Sebelumnya obor api abadi dikirab dari Kudus menuju Pendopo Kartini sebelum besok akan dibawa ke Kabupaten Pati.

Kirab kedatangan obor api abadi yang diambil dari Mrapen, disambut ribuan warga Jepara, pada Kamis (3/8/2023). Konvoi dimulai dari Balai Desa Tunggulpandean, Kecamatan Nalumsari menuju Pendopo Jepara dengan diiringi sejumlah club motor dan mobil.

Sejumlah perwakilan pembawa obor api abadi yang terdiri dari beberapa atlet senior Jepara, berlari secara estafet dari depan gedung DPRD menuju pendopo Kabupaten Jepara. (Foto : MIK Jepara)

Estafet obor tersebut diterima bersama atlet-atlet legendaris di Jepara seperti Mustaqim, Anjar Jambore Widodo, serta ada Ali Hidayat, dan Khusnanto sebagai atlet peraih medali pada PON ke-XII.

Porprov Jateng digelar mulai 5-11 Agustus 2023 di Pati Raya, di mana Jepara merupakan salah satu tuan rumah. Di Jepara nantinya bakal ada 11 cabang olahraga yang digelar.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan obor api abadi ini menjadi pemicu semangat para atlet asal Jepara. Dia optimistis atlet asal Kota Ukir mampu menjadi juara umum pada ajang Porprov Jateng tersebut.

“Semoga api obor ini menjadi semangat kita menjadi juara umum, Insya Allah ada (bonus,” jelasnya dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (3/8/2023).

Terpisah, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan rangkaian kegiatan pengamanan akan dimulai saat pembukaan pada Sabtu (5/8/2023) mendatang di Kabupaten Pati dan penutupan pada 11 Agustus 2023 di Jepara.

“Mudah-mudahan rangkaian kegiatan mulai dari pembukaan hingga penutupan berjalan dengan lancar, tertib dan lancar,” jelas Wahyu dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, untuk pengamanan di Jepara akan digelar di 14 titik lokasi atau venue olahraga yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Porprov Jateng. Kepolisian akan mengerahkan personel sebanyak 400 anggota.

Dalam Porprov nanti ada beberapa venue yang digunakan antaranya Balap Sepeda BMX di Sirkuit SGBK, Balap Sepeda EXI-IRR-QTT di sirkuit Sumosari Bateliat, Downhill-Kriterium di Sirkuit Smosari Batealit.

Kemudian Pentaque di komplek SGBK, Renang di di Kolam Renang Jepara Olympic, Selam Kolam di Kolam renang Jepara Olympic, Selam Laut di Pantai Bandengan, Dance Sport di Hotel D’Season Bandengan.

Adapun Futsal di GOR Futsal Komplek SGBK, Sepakbola di Stadion Kamal Djunaidi, Sepak Takraw di GOR sepak Takraw Welahan, Sques di GOR Squash SGBK, Triatlon di Kolam Renang Jepara Olympic, dan Woodball di Lapangan Woodball Bandengan. (MIKJPR-01)

Reporter : DW/FP
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here