Pohon Tumbang dan Listrik Mati Dominasi Laporan Warga, Jepara Masih Terus Diguyur Hujan

0
124

MIKJEPARA.comJEPARA – Berdasarkan laporan BMKG, hujan deras disertai angin yang mendera wilayah Jepara menimbulkan dampak cukup parah bagi jaringan listrik. PLN Jepara masih terus berupaya keras untuk bisa segera memperbaiki jaringan-jaringan yang putus sejak Minggu (6/12/2020) malam.

Hingga siang ini, update Peringatan Dini Cuaca Jawa Tengah tanggal 7 Desember 2020 pukul 11:25 WIB, Wilayah Jepara juga masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin kencang pada pukul 11:35 WIB.

Hujan deras disertai angin akibatkan kabel listrik halangi jalan raya di wilayah Kedung

Diantaranya wilayah Batealit, Bangsri, Keling, Nalumsari, Kembang, Pakis Aji. dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl 13:30 WIB

Dari pantauan, banyaknya pohon yang tumbang atau menganggu jaringan, membuat jaringan listrik PLN di Jepara, masih mengalami masalah hingga Senin (7/12/2020) siang.

Sementara itu Manajer PLN Jepara, Wima Lesmana menjelaskan bahwa hujan yang disertai angin menimbulkan masalah di dalam jaringan listrik PLN. Banyak pohon yang tumbang atau menganggu jaringan, sehingga menimbulkan putusnya aliran listrik.

Kejadian ini terjadi secara bersamaan, sehingga diakui membuat pihaknya menghadapi kendala, dalam upaya memperbaikinya. Menurutnya, masalah dalam jaringan listrik PLN tidak hanya terjadi di wilayah Jepara, namun juga di daerah lain.

Sedangkan untuk wilayah Jepara, gangguan yang terjadi meliputi di banyak wilayah, mulai pada Minggu (6/12/2020), sekitar pukul 20.00 WIB. Di beberapa wilayah, bahkan hingga Senin (7/12/2020) siang ini masih dalam proses perbaikan.

“Banyak gangguan pada jaringan kami yang terjadi. Hingga saat ini, petugas kami masih menangani gangguan di banyak tempat. Secara bertahap kami masih berupaya melakukan penormalan jaringan kembali,” ujar Wima Lesmana, Senin (7/12/2020).

Wima juga meminta maaf kepada mayarakat Jepara. Sebab proses perbaikan aliran listrik tidak bisa berlangsung dengan cepat. Masalah cuaca yang hingga saat ini terjadi, diliputi hujan dan mendung tebal, juga menjadi kendala. Selain itu, keterbatasan petugasnya, membuat penanganan tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Para petugasnya harus menyisir dari satu tempat ke tempat lainnya. Meski demikian, pihaknya berjanji akan terus melakukan penanganan terhadap gangguan yang terjadi di jaringan listrik PLN. Perbaikan jaringan akan dilakukan secara bertahap, sampai semua masalah teratasi.

Dari laporan yang disampaikan petugasnya di lapangan, Wima menyebut, permasalahan yang terjadi sebagian besar dikarenakan adanya gangguan pada jaringan. Banyak pohon yang tumbang dan menimpa jaringan atau ada dahan pohon yang menyentuh jaringan. Hal ini masih terus dilakukan penyisiran oleh para petugasnnya.

“Karena petugas kami jumlahnya terbatas, sementara gangguan yang terjadi di banyak tempat, maka upaya perbaikan kami lakukan secara bertahap. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Sampai saat ini petugas kami masih terus melakukan upaya penormalan jaringan,” tambah Wima. (MIKJPR-01)

Reporter : Putra
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan