Puting Beliung Terjang Beberapa Desa, Akibatkan Ratusan Rumah Rusak

0
10

MIKJEPARA.com, JEPARA – Angin puting beliung menerjang sebagian wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Senin (28/2/2022). Akibatnya, seratusan rumah di tiga desa di Jepara mengalami kerusakan.

“Yang terdampak ada tiga Desa, yaitu Desa Tedunan dan Karang Aji di Kecamatan Kedung dan Desa Ujung Pandan di Kecamatan Welahan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, saat dimintai konfirmasi lewat pesan singkat, Senin (28/2/2022).

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung pada Senin (28/2/2022). (Foto : BPBD Jepara)

Arwin mengatakan, dari tiga desa tersebut, yang paling parah diterjang puting beliung di Desa Tedunan, Kecamatan Kedung.

“Desa Karang Aji ada 39 rumah warga yang terdampak, lalu di Ujung Pandan 22 rumah warga, dan di Tedunan ada 140 rumah warga,” ujar dia.

“Sampai saat ini teman-teman dari BPBD masih dalam proses pengumpulan data di lapangan,” sambung dia.

Arwin menambahkan, para relawan telah membuat dapur umum di Balai Desa Tedunan.

“Saat ini kebutuhan yang mendesak itu makanan siap saji. Kami mendirikan dapur umum di Balai Desa Tedunan, ini baru bersiap untuk mensupport makanan masyarakat karena rumahnya pada rusak, atapnya rusak tidak bisa masak, ditambah lagi kondisi masih hujan,” ujar Arwin.

Dari data BPBD Jepara, tercatat setidaknya ada 206 bangunan rusak. Diantaranya 201 rumah warga, 2 Mushola Dan 3 Sekolahan. Kerusakan terparah terjadi di Desa Tedunan dengan jumlah 145 bangunan, Desa Karangaji 39 rumah Dan Ujungpandan 22 rumah.

“Oleh karena itu kami memandang (dapur umum) ini kebutuhan mendesak, makanan siap saji, kami cukupi, kami libatkan (bantuan) dari dunia usaha, yang tadi konfirmasi dari (pengusaha) mebel akan menyumbang 300 makanan,” sambung dia. (MIKJPR-01)

Reporter : And/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan