Semua Korban Tenggelam Pantai Gua Manik Berhasil di Evakuasi Dalam Kondisi Meninggal Dunia

0
73

MIKJEPARA.com,  JEPARA – Setelah upaya pencarian selama tiga hari keempat nelayan yang terseret ombak di Pantai Gua Manik, Desa Banyumanis Donorojo Jepara sejak Sabtu (9/5/2020) sore. Akhirnya secara resmi operasi tim SAR gabungan ditutup pada Senin siang, dengan hasil ditemukannya 4 korban dalam kondisi Meninggal dunia.

Sejak Minggu (10/5/2020) siang sekitar pukul 13.15 WIB, korban ke dua yakni Sumantri (35) juga mulai menemukan titik terang. Setelah jasadnya ditemukan berada 2 mil sebelah timur lokasi kejadian, tepatnya di wilayah perairan Mentawar.

Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi semua korban dalam kondisi meninggal dunia. (Foto : BPBD Jepara)

Dengan demikian, dari lima orang yang sempat diterjang ombak besar saat mencari ikan, hanya satu orang korban atas nama Andika yang berhasil selamat dari musibah ini.

Dan korban ketiga Eko (40) pukul 16.12 WIB bisa dievakuasi oleh tim SAR Gabungan di pesisir pantai Beringin Desa Bumiharjo Keling atau 2,5 mil sebelah timur dari lokasi kejadian

Sedangkan korban terakhir yakni Susanto (28) warga Dukuh Duwet, Desa Banyumanis, Donorojo ditemukan oleh sejumlah nelayan Pati di perairan Banyutowo, Kabupaten Pati pada Senin (11/5/2020) sekitar pukul 09.00 WIB

Tim SAR gabungan yang diturunkan sejak awal melibatkan beberapa personil dari TNI, Polri, BPBD, Pos SAR Jepara, PMI, Pramuka Peduli, PP Rescue, Bagana, Basarnas, Ubaloka, JRC, RS Rehatta, JRC, dan MDMC dengan didukung oleh masyarakat setempat.

“Empat korban sudah ditemukan seluruhnya, dan operasi dinyatakan selesai. Untuk korban terakhir, tempat ketemunya berjarak sekitar 6 Mil dari TKP Gua Manik,” ujar Arwin Noor Isdiyanto, Senin (11/5/2020,” 

Upaya pencarian terhadap para korban dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dibawah BPBD Jepara, sejak Sabtu (9/5/2020) malam.

Andika (35) berhasil diselamatkan warga. Namun empat orang rekannya masing-masing Sutrisno (35), Sumantri (35), Susanto (27) dan Eko (45) hilang ditelan ombak.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto menyatakan, pencarian semua korban akhirnya diselesai dan dinyatakan operasi ditutup. Semua personil tim gabungan sudah kembali ke pos masing-masing.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam operasi pencarian ini, dan saya pribadi mengucapakan turut berduka cita atas kejadian ini” imbuhnya.

Korban terakhir selanjutnya dibawa ke RS Rehatta untuk menjalani pemeriksaan, selanjutnya diantarkan ke rumah duka untuk dimakamkan oleh pihak keluarga (MIKJPR-01)

Reporter : Poten BPBD Jepara
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan