Unik dan Keren, Puluhan Hasil Karya Tugas Akhir Mahasiswa DKV UNISNU Dipamerkan

MIKJEPARA.com, JEPARA – Puluhan mahasiswa nampak sedang sibuk menyiapkan kelengkapan tugas akhir mereka, berbagai projek karya inovasi ini diujikan dihadapan dosen penguji dan dipamerkan secara umum pada Kamis (11/5/2023).  

Penilaian tugas akhir ini berlangsung di Ruang galeri pameran Gedung Fakultas Saintek Unisnu Jepara. Berbagai karya menarik ini menjadi magnet pengunjung pameran untuk melihat langsung hasil karya mahasiswa. Sengaja dibuka untuk umum sehingga lebih banyak pengunjung yang berkesempatan untuk mengapresiasi karya dari mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV)

Salah satu mahasiswa DKV UNISNU sedang mengikuti ujian Tugas Akhir, karya tugas akhir mereka juga ditampilkan dalam pameran. (Dok : DKV UNISNU)

Jurusan DKV memiliki misi untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswanya agar bisa menghasilkan suatu karya yang merupakan proses kreatif yang menggabungkan tampilan visual yang artistik dan teknologi untuk mengkomunikasikan suatu ide.

Pameran ini menjadi ajang bagi para mahasiswa DKV menunjukkan hasil kerja keras mereka dalam pembuatan tugas akhir dan juga menjadi pintu agar karya-karya mereka dapat diwujudkan menjadi suatu produk yang dapat dinikmati masyarakat luas.

Salah satunya adalah Muhammad Rovi Himawan, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) UNISNU ini membuat Ilustrasi gim berisikan pengetahuan dasar berlalu lintas yang terbungkus dalam teknologi Augmented Reality (AR).

Selain menyediakan gim tentang keselamatan lalu lintas, media pendukung seperti flash card rambu-rambu lalu lintas juga disediakan. Ia berinisiatif membuat gim tersebut setelah melihat kasus kecelakaan di kota lahirnya cukup tinggi. Dari data yang ia peroleh, ada 561 kecelakaan lalu lintas dari 2021 hingga 2022. Korbannya mayoritas berusia produktif.

Ada juga 12 stan yang ditampilkan dalam Final Project Exhibition tersebut. Diikuti seluruhnya oleh mahasiswa DKV Unisnu Jepara.

Kaprodi DKV Kukuh Dwi Wijanarko, mengatakan ia meminta kepada para mahasiswa untuk totalitas dalam pengerjaan tugas akhir ini. Apalagi skor penilaiannya cukup banyak untuk menentukan kelulusan. Ia juga berharap ke depannya karya-karya mahasiswa akan bermanfaat dan digunakan oleh banyak orang.

“Setelah ini karya mahasiswa langsung kita daftarkan sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI), supaya tidak mudah diplagiasi. Kalau tidak di-HKI-kan kan eman-eman,” ungkapnya.

Berbagai hasil karya tugas akhir yang juga turut dipamerkan antaranya, Perancangan Branding Safila Tailor Sebagai Strategi Promosi, Perancangan Media Promosi Sentral Batik di Wedung, Perancangan E-Book Fotografi Esai Aktivitas Masyarakat Penyandang Masalah Sosial di Jepara.

Juga ada, Perancangan Illustrasi Game Tata Surya Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA di SD N 3 Sukosono, Perancangan Buku Ilustrasi “Magic Water Book Sahabat Panda” sebagai Media Buku Mewarnai di PAUD KB Miftahul Ulum Nalumsari Jepara dan juga berbagai tugas akhir lainnya. (MIKJPR-01)

Reporter : DA/Xpo
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here