UNISNU Sukses Gelar Kompetisi StartUp Nasional, 51 Tim Adu Inovasi

0
4

MIKJEPARA.com, JEPARA – Geliat industri StartUp di Indonesia menjadi semakin kompetitif dari hari ke hari. Dengan ide-ide yang dituangkan melalui teknologi, para penggiat startup berlomba-lomba untuk menguasai pasar nasional. Bahkan kali ini, berbagai kampus tengah menggodok mahasiswanya untuk turut berkompetisi.

Salah satunya, UNISNU Jepara selenggarakan National Startup Competition (NSC) 2022 bekerja sama dengan Indonesian Academic Start-up Association (IASA) secara Hybrid yaitu luring dengan peserta terbatas di Gedung Perpustakaan Unisnu Ruang Auditorium lt. 3 dan secara daring melalui Virtual Zoom Meeting

Sejumlah mahasiswa sedang menghadapi layar laptop dalam kompetisi Startup Nasional yang diselenggarakan UNISNU Jepara. (Foto : Istimewa)

Kompetisi ini juga disiarkan secara live di YouTube FEB TV. Pelaksanaan kegiatan ini mulai tanggal 8 hingga 10 Januari 2022 (10/1-2022). Dengan di fasilitasi oleh tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNISNU Jepara.

Presiden IASA Dr. Samsul Arifin, saat menyampaikan sambutan bahwa kompetisi ini memang sebagai ajang adu kreatif dan inovasi antar mahasiswa yang konsentrasi dalam pengembangan startup bisnis.

Ia berharap melalui kerja sama ini akan melahirkan potensi para akademisi dengan keahliannya masing-masing membawa agen perubahan (agent of change).

“Para peserta akan bersaing memunculkan ide bisnisnya,” ujar Samsul.

Rektor UNISNU Dr. Sa’dullah Assa’idi, yang turut hadir dalam pembukaan sangat mengapresiasi penyelenggaraan ini. Melalui NSC memperkuat eksistensi UNISNU menggandeng seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk menjalin kekompakan menghadirkan pangsa pasar.

“Ini peluang bagi startup untuk masuk dunia industri. Saat ini socio-technical entrepreneurship menjadi tren saat ini bagi usahawan yang memanfaatkan inovasi teknologi dalam menjalankan kegiatan bisnisnya dengan. Bisnis yang dijalankan merupakan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat dan memiliki ciri-ciri dampak sosial. Sehingga manusia memiliki keniscayaan berpikir rasional dan bermoral baik,” ujar Sa’dullah.

Melalui kegiatan ini, Sa’dullah menambahkan, harapannya semoga menjadi sebuah monumental tanpa berkesudahan selalu melahirkan produk baru tak berkebatasan oleh para generasi muda di Indonesia.

Kegiatan ini, menurut Samsul, tidak lepas dari peran Dikti dan Kampus Merdeka yang selalu mendukung dan memaksimalkan Tridharma Perguruan Tinggi memunculkan wirausaha-wirausaha baru di Indonesia.

“Semoga kegiatan ini berlanjut untuk memajukan Indonesia dalam kegiatan bisnis. Apalagi banyak produk Indonesia digandrungi oleh pangsa luar negeri,” ujarnya. Hal ini terbukti kualitas produk Indonesia sangat bagus, tambahnya. (MIKJPR-01)

Reporter : And/Xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan