Banjir Rendam 2 Desa, Sumberrejo dan Clering Mulai Surut

0
101

MIKJEPARA.com, JEPARA – Banjir menggenangi beberapa wilayah RT di Desa Clering dan Sumberrejo, Kecamatan Donorojo, Jepara sejak dini hari tadi Minggu (16/01/2022). Banjir kali ini diakibatkan meluapnya sungai, karena intensitas hujan lebat yang mengguyur wilayah Jepara sejak dua hari terakhir.

“Banjir terjadi di Desa Clering RW 2 Kecamatan Donorojo,” info Kalak BPBD Jepara, Arwin Noor Isdiyanto pada Minggu pagi.

Petugas BPBD Jepara melakukan evakuasi sejumlah warga di Desa Clering, Kec. Donorojo pada Minggu (16/01/2022) (Foto : BPBD Jepara/Fen)

Arwin mengatakan genangan banjir merendam enam RT Desa Clering. Dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter.

“Dampaknya banjir meluap ke permukiman warga Desa Clering di RW 2. RT 3 dan RT 6 Dukuh Tawangrejo kondisi yang paling parah ketinggian mencapai 40 sentimeter,” imbuhnya.

“Untuk di RT 4 dan RT 5 Dukuh Karangrejo, RT 1 dan RT 2 Dukuh Pasokan hanya merendam jalan kampung sepanjang 100 meter,” sambung dia.

Saat ini sejumlah petugas dari BPBD dan Relawan tengah berada dilokasi untuk melakukan evakuasi bilamana debit air terus naik. Warga pun masih enggan untuk mengungsi, dan berjaga dirumah masing-masing.

“Kalau saat ini sudah mulai surut, namun kami masih memantau dilokasi bilamana ada keadaan darurat,” tulis Fendi salah satu petugas BPBD Jepara dilapangan saat dihubungi via Whatsapp.

Baca Juga : Sejumlah Rumah di Jepara Rusak Parah Akibat Cuaca Buruk

Sementara itu warga di Desa Sumberrejo, mengatakan bahwa banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi akibat dari meluapnya aliran dua sungai besar didekat lokasi.

Informasi yang dihimpun saat ini, banjir di Desa Sumberrejo mulai surut. Banjir kali ini memang dipicu karena hujan deras sejak Sabtu (15/1/2022) malam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir tersebut.

Banjir di desa tersebut memang sudah biasa terjadi, dan sejumlah warga pun hanya berusaha untuk mengamankan sejumlah barang berharganya dari kepungan banjir.

“Kronologi hujan lebat yang terjadi sejak Sabtu malam mengakibatkan banjir yang merendam permukiman warga korban jiwa nihil,” pungkas Fendi. (MIKJPR-01)

Reporter : And/Xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan