BPN Jepara Bertekad Raih Predikat WBK, Ini Pesan Wakil Rektor UNISNU

MIKJEPARA.com, JEPARA – Inovasi layanan yang dicetuskan Kantor Pertanahan atau BPN Kota Jepara, Jawa Tengah dalam mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat patut di apresiasi.

Setelah sukses menyelesaikan target PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tahun 2023 dan Proyek Strategis Nasional di BPN Kabupaten Jepara. Kini BPN Jepara tengah bersiap diri menuju predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBMM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

Internalisasi Pembangunan Zona Integritas dalam rangka Reformasi Birokrasi Menuju WBK dan WBMM di lingkungan Kantor Pertanahan Kab. Jepara yang berlangsung di RM. Maribu.

ATR/BPN Kabupaten Jepara mengundang sejumlah stakeholder untuk saling berbagi informasi dalam rangka menuju pelayanan optimal dengan tajuk “internalisasi Pembangunan Zona Integritas dalam rangka Reformasi Birokrasi Menuju WBK dan WBMM”

Kegiatan yang berlangsung di RM. Maribu pada Rabu (30/8/2023) juga turut dihadiri ratusan pegawai dilingkungan ATR/BPN Jepara.

Hadir memberikan materi dihadapan sejumlah pejabat dan pegawai ATR/BPN Jepara diantaranya Wakil Rektor 3 UNISNU Jepara Ir. Gun Sudiryanto, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jepara Rony Indra, serta Kepala Unit III Tipikor Polres Jepara, Siswanto.

“Mari kita satukan tekad untuk berjuang membangun Zona Integritas. Orang berintegritas memiliki sikap jujur, tulus, dan dapat dipercaya. Orang yang berintegritas bertindak transparan dan konsisten. Lakukanlah dengan ikhlas, WBK bukan hanya sebuah predikat. Jika kita melakukannya dengan tulus, niscaya WBK-WBMM akan terwujud,” ucap Kepala ATR/BPN Kabupaten Jepara Sun Eddy Widijanto dalam sambutan pembukaan.

Sun Eddy Widijanto, berharap seluruh jajarannya di ATR/BPN Jepara bisa lebih optimal dalam melayani dan lebih berhati-hati dengan aspek hukum yang timbul dari produk pertanahan. Untuk itu dalam hal ini, sengaja ia menghadirkan narasumber dari unsur Akademisi, Kepolisian dan Kejaksaan.

Ir. Gun Sudiryanto, Wakil Rektor 3 UNISNU Jepara yang hadir memaparkan materi terkait peningkatan kinerja menuju reformasi agraria, turut mendukung langkah tersebut. Menurutnya, ATR/BPN memang seharusnya bisa meraih WBK ataupun WBMM.

“Penyampaian informasi SOP (Standar Operasional dan Prosedur) layanan, janji layanan dan penyampaian informasi pengaduan. Salah satunya adalah untuk memberikan kepastian kepada pemohon kapan penyelesaian berkas di BPN Jepara bisa selesai tepat waktu,” ucap Gun Sudiryanto dalam pemaparannya.

Pihaknya optimistis BPN Jepara dapat maraih predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

BPN Jepara kedepan diharapkan bisa membangun Zona Integritas (ZI) yang ditujukan untuk penguatan reformasi birokrasi, pemberantasan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

”Insya Allah tahun 2024 nanti BPN Jepara bisa meraih predikat WBK/WBMM dari KemenPAN-RB,” pungkasnya

Ia optimistis, melihat perubahan saat ini dan tingginya animo masyarakat yang datang mengurus sertipikat tanah, tahun depan BPN Jepara akan mampu meraih predikat WBK

Tak hanya itu, untuk mendekatkan pelayanan BPN kepada masyarakat, pihaknya juga membuka pelayanan pertanahan akhir pekan (Pelataran) di area car free day agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan. (MIKJPR-01)

Reporter : MK/NS
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here