Dewan Inginkan Percepatan Jaring Pengaman Sosial di Jepara Segera

0
51

MIKJEPARA.comJEPARA – Meskipun di Jepara belum diketemukan kasus positif Covid-19, namun dampak yang ditimbulkan oleh penyebaran virus corona ini bisa dirasakan oleh beberapa lapis kalangan masyarakat.

Hal inilah yang menjadi perhatian serius anggota dewan DPRD untuk mendukung langkah Pemkab Jepara agar segera mencairkan jaring pengaman sosial utamanya bagi mereka yang merasakan dampak langsung.

Tenaga ukir menjadi salah satu priortitas dari program jaring pengaman sosial (Foto : Ilustrasi)

Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat sasarannya bukan saja nelayan, tetapi juga warga masyarakat rentan lainnya. “Para tukang ukir saya pikir perlu mulai diperhatikan, sebab mereka malah berhenti bekerja. Juga tukang amplas, tukang becak, sopir angkot, pengemudi ojol yang kemudian pendapatannya ada yang berhenti sama sekali. Sementara harga pangan merangkak naik” ujar M. Latifun salah satu anggota dewan

Karena itu pemerintah kabupaten Jepara harus dengan cepat melakukan pendataan dan mempercepat kucuran bantuan jaring pengaman sosial atau apapun namanya yang dapat meringankan beban masyarakat.

Menurut Latifun, para pekerja disektor industri yang paling terdampak harus menjadi perhatian pemerintah. “Mereka yang bekerja di perusahaan  yang kemudian berhenti proses produskinya justru harus diperhatikan.  Sementara nelayan masih ada pemasukan, walaupun harga pangan merambat naik,” ungkap Latifun.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memberikan stimulus atau insentif bagi para pelanggan PDAM dengan memberikan potongan harga. “Kalau pemerintah pusat melalui PLN bisa memberikan keringanan pembayaran listrik, saya yakin pemerintah kabupaten melalui PDAM bisa melakukan hal yang sama,” Imbuh Latifun (MIKJPR-01)

Reporter : Eko
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan