DPRD Jepara Desak Percepatan Penanganan COVID-19 di Tingkat Desa

0
22

MIKJEPARA.com,  JEPARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara, melalui Wakil Ketua DPRD Kab. Jepara H. Pratikno meminta Pemkab Jepara untuk segera melakukan percepatan dalam penanganan Virus Corona di Wilayah Kabupaten Jepara. Hal ini disampaikan Pratikno ketika ditemui sesuai memimpin rapat Badan Musyawarah (Banmus) bersama Eksekutif terkait pembahasan penanganan virus corona, Rabu (08/03/2020).

Pratikno menggarisbawahi kasus virus corona ini memang memerlukan perhatian dan penanganan secara khusus. Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini berharap pihak Pemkab dapat mengoptimalkan petinggi atau perangkat desa di seluruh wilayah Kab. Jepara. Perlu adanya pembentukan satgas di tingkat desa dan juga sampai di tingkat RT/RW. Karena ini penting untuk pendataan dan mengantisipasi penyebaran virus corona, pemberian edukasi bagi warga yang telah mudik dan sosialisasi cara isolasi mandiri maupun karantina.

Rapat Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Jepara bersama Eksekutif terkait Penanganan Virus Corona, di ruang Serbaguna DPRD Kab. Jepara kemarin Rabu (08/03/2020).

“Dengan cara ini data pemudik dan pengawasan ODP mandiri bisa terkontrol dengan baik serta para tim satgas di tingkat bawah di beri SOP atau petunjuk biar ada panduannya, mengingat pemudik sudah mencapai sekitar kurang lebih 9000 ribuan orang.” ungkap Pratikno

Dalam rapat tersebut Pratikno didampingi juga Wakil Ketua DPRD Kab. Jepara Drs. H. Junarso dan KH. Nuruddin Amin serta anggota Banmus DPRD adapula unsur OPD dari Asisten satu Sekda, BPKAD Kab. Jepara, dan Bagian Hukum Setda Jepara.

Dalam penanganan virus corona, DPRD Kabupaten Jepara akan bersama-sama Pemkab Jepara memastikan langkah-langkah yang perlu dilakukan, seperti anggaran atau alokasi dana yang dibutuhkan melalui penggeseran dana. Pratikno sendiri menyampaikan keprihatinan bersama dan berharap kita jangan berpangku tangan melainkan harus melakukan aksi nyata, pihaknya sendiri secara pribadi telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya virus corona dan masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat.

“Kemarin bersama temen-temen dari anggota DPRD (Kab. Jepara) sudah mulai bergerak dengan memberikan bantuan APD maupun penyemprotan disinfektan dan pemberian masker ke masyarakat, terutama di wilayah dapil kami. Kalau bisa dari Dinas terkait mulai ikut bergerak juga.” jelas Pratikno.

Pratikno meminta masukan dan saran dari peserta rapat guna menghasilkan persamaan gerak cepat dalam penangananan virus corona supaya masyarakat merasa terlindungi serta merasa aman dan nyaman dalan menjalankan aktivitasnya. (MIKJPR-02)

Reporter : Andi
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan