Edukasi Bagi Pelajar, Baznas Jepara Luncurkan Pekan Peduli Sosial

MIKJEPARA.com, JEPARA – Bertempat di SMK N 1 Jepara, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jepara secara resmi meluncurkan atau melaunching program Pekan Peduli Sosial (PPS). Untuk kali pertama, program ini dilaksanakan mulai Senin, (24/7/2023).

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Sekda Jepara Edy Marwoto menyampaikan, Pekan Peduli Sosial ini merupakan suatu media untuk mengasah kepekaan sosial terutama bagi kalangan pelajar.

Kepala SMK N 1 Jepara, Sugiyanto saat menyerahkan secara simbolis beasiswa dari Baznas Jepara (Foto : Baznas)

”Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi kita semua,” ucap Edy Marwoto.

Menurutnya, PPS merupakan program yang baik dalam melatih siswa untuk saling membantu dan meningkatkan jiwa sosial satu sama lain. Sebab program PPS mengajak siswa menyisihkan uang saku untuk siswa lain yang kurang beruntung selama seminggu.

Besaran uang saku yang disumbangkan antara lain Rp 1.000 untuk siswa SD dan MI, Rp 2.000 untuk siswa SMP dan SMA sederajat, serta Rp 3.000 bagi mahasiswa.

”Dana sosial yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk membantu kegiatan sosial terutama bagi teman-teman satu sekolah,” kata Edy.

Sebab, jelas dia, nantinya dana yang terkumpul akan dikelola oleh Baznas Jepara dan 50% di antaranya akan dikembalikan ke sekolah. Untuk itu, pihaknya berharap program ini terus berjalan.

Sugiyanto, Kepala SMK N 1 Jepara menyambut baik program tersebut, selain untuk memberikan edukasi bagi siswa-siswinya, hal ini juga merupakan bentuk kepedulian sosial bagi sesama. Selain di SMK N 1 Jepara, program yang sama juga di launching di MAN 1 Jepara.

Dalam kegiatan tersebut Baznas Jepara juga menyerahkan sejumlah bantuan diantaranya sembako kepada lima orang karyawan SMK N 1 Jepara dan beasiswa senilai Rp 500 ribu kepada lima orang siswa/siswi SMK N 1 Jepara. (MIKJPR-01)

Reporter : DA/Ard
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here