Grebeg Sampah PJ Sunset Kartini, Ajak Jaga Lingkungan dari Sampah Plastik

0
12

MIKJEPARA.comJEPARA – Gerakan grebeg sampah menjadi salah satu agenda dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diselenggarakan oleh Pemkab Jepara pada Jumat (23/2/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan membersihkan Pantai Pacen Josss (PJ) Sunset kompleks Pantai Kartini Jepara secara massal dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Pj. Bupati Jepara saat hadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara Jumat (23/2/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, sejumlah pejabat, juga personel Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ikut terlibat. Mereka memungut sampah dan menggelorakan kepedulian lingkungan dari pencemaran sampah plastik.

Pj. Bupati H. Edy Supriyanta dalam sambutannya menyatakan, momen HPSN harus digunakan untuk mengingatkan masyarakat terhadap persoalan sampah. Tujuannya agar jadi perhatian utama, seluruh komponen terlibat dalam penanganan serta pengelolaannya.

“Gerebeg sampah ini untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan seluruh elemen masyarakat Jepara, baik dalam isu pencemaran sampah plastik, maupun tata kelola sampah pasar umumnya,” ujarnya.

Pj. Bupati H. Edy Supriyanta serahkan hadiah pada pemenang lomba Bank Sampah
Saat ini, pengurangan sampah di Jepara tercatat sudah mencapai 14,28 persen. Lalu pada aspek penanganan sampah baru 40.44 persen. Sementara untuk sampah terkelola 54.71 persen.

Dengan kondisi tersebut, Pj. Bupati Jepara berharap agar langkah edukasi pemilahan dan pengelolaan sampah diperluas. Termasuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam usaha produktif sektor pengelolaan sampah plastik.

Sebelumnya, Kepala DLH Kabupaten Jepara Aris Setiawan mengapresiasi keterlibatan semua pihak. Berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Menurut Aris, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini adalah untuk mengkampanyekan pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup. Termasuk menggelorakan pengurangan sampah plastik, serta memperkuat program desa mandiri sampah. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here