Hijaukan Pesisir Pantai, Polres Jepara Ajak Tanam Seribu Pohon di Bulak Baru

MIKJEPARA.com, JEPARA – Dalam rangka melestarikan lingkungan di wilayah pesisir pantai, program kawasan hijau terus digalakkan. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon di pesisir pantai dengan pohon peneduh.

Total ada 2.500 pohon peneduh seperti balsa, ketapang, tabebuya, jambu, durian, mahoni, akasia, sirsat, kayu putih, nangka hingga tanaman keras lainnya. Penanaman ini dilaksanakan, Rabu (23/8/2023).

Sujumlah pelajar ikut serta menanam pohon di Pantai Bulak Baru, Rabu 23 Agustus 2023. (Foto : PID Polres Jepara)

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setiawan mengatakan, dalam kegiatan ini dilakukan penanaman pohon diinisiasi oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia.

“Ada sebanyak 2.500 pohon ditanam, untuk Pantai Bulak Baru sebanyak 1.000 pohon dan 1.500 lagi tersebar di seluruh Polsek yang ada di Kabupaten Jepara,” terang Kapolres

Wahyu menjelaskan, ini upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, apalagi saat ini sedang iklim elnino yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global didunia.

“Ini merupakan kewajiban kita bersama untuk menjaga lingkungan,” jelasnya.

Ia berharap, masyarakat untuk bisa membantu merawat dan menjaga tanamam yang sudah ditanam agar tetap tumbuh.

Semntara itu, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta berharap, pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh besar dan bisa menjadi tanggul alami yang ada di wilayah Pantai Bulak Baru.

“Penanaman pohon bakau dan cemara juga dapat mengurangi dampak pemanasan global serta bencana lainnya,” kata Edy.

“Diharapkan ini dapat menjadi tanggul alami di pantai dan juga akan menambah pesona dan keindahan pantai Bulak Baru.” Pungkasnya

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan sosial berupa sembako sebanyak 100 paket kepada warga Desa Bulak Baru. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/NS
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here