Inovasi Kampus Merdeka, UNISNU Launching Marketplace Hingga Aplikasi Bisnis Plan

0
17

MIKJEPARA.comJEPARA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupaya menyiapkan sumber daya manusia unggul yang mampu menciptakan inovasi dan melahirkan produk-produk kekinian.

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara pun tak ketinggalan ikut serta menyongsong program unggulan Mendikbud tersebut, ada 3 program studi yang lolos dalam hibah pendanaan MBKM tahun 2021 antaranya program studi Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris serta Teknik Informatika.

Ketua Tim program MBKM FEB, menjelaskan berbagai fitur baru yang telah di launching di UNISNU Jepara pada Senin (29/11/2021). (Dok : Foto Humas/B3)

Dari apa yang berhasil dikerjakan oleh tim dosen, salah satunya adalah prodi yang berada dibawah rumpun keilmuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Prodi Manajemen mampu menghasilkan berbagai inovasi dengan menawarkan fitur apik. Secara resmi, keseluruhannya telah di launching oleh Rektor UNISNU di acara “Coffee Morning” Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada Senin (29/11/2021).

UNISNU merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang berhasil lolos seleksi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Dengan demikian, UNISNU mendapatkan dana hibah untuk PKKM senilai Rp 2,5 miliar. Luaran dari program tersebutlah, diharapkan bisa banyak membantu kampus dalam menyusun modul pembelajaran dan aneka produk inovatif.

“Inovasi yang kita rilis kali ini cukup banyak, mulai studio inovasi pembelajaran, marketplace plazaunisnu.com, aplikasi pengelolaan keuangan simplecash.com, serta aplikasi rencana bisnis planbisnis.com, selain itu juga ada modul pembelajaran,” terang Anam ketua tim PKKM.

Salah satu program MBKM ini memang didedikasikan untuk mendorong mahasiswa melahirkan inovasi berbasis teknologi. Program tersebut dirancang khusus untuk mempersiapkan para mahasiswa dengan keterampilan dan sertifikasi teknologi yang kini sangat dibutuhkan, seperti di bidang machine learning, mobile development, dan cloud computing.

Rektor UNISNU, Dr. H. Sa’dullah Assaidi dalam sambutannya saat launching mengungkapkan bahwa sesuai pesan Pak Menteri, Program Kompetisi Kampus Merdeka adalah akselerasi Kampus Merdeka untuk mendorong transformasi dan inovasi perguruan tinggi pada basis program studi. Supaya, pembelajaran Kampus Merdeka dapat terlaksana sesuai harapan.

“Kami tentunya bangga atas capaian prestasi ini, satu persatu produk inovatif ini bisa terlahir dari kampus kita UNISNU Jepara. Semoga hal ini mampu mendorong kolaborasi dengan para pelaku UMKM yang ada,” terangnya.

Selain itu, lanjut Sa’dullah UNISNU kini juga tengah mendapatkan program Kedaireka, dimana mitra nya adalah dunia usaha. Dan kini tengah menyerap para pelaku UMKM untuk menawarkan produknya di marketplace. (MIKJPR-01)

Reporter : Anm/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan