Laut Jawa Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo di Sebelah Barat Laut Jepara

MIKJEPARA.com, JEPARA – Gempa bermagnitudo 5,3 mengguncang Jepara, Jawa Tengah, pada hari Rabu, 13 September 2023, tepat pukul 12.34 WIB. Informasi gempa tersebut diinformasikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). BMKG menyampaikan bahwa gempa ini tidak memiliki potensi untuk menyebabkan tsunami.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di sekitar 97 kilometer Barat Laut dari Jepara, Jawa Tengah, dengan koordinat 5,98 Lintang Selatan dan 110,03 Bujur Timur.

Ilustrasi Gempa

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan oleh BMKG, mereka mencatat bahwa gempa tersebut memiliki magnitudo sebesar 5,3 dan terjadi pada kedalaman 680 kilometer. Kejadian ini tercatat pada tanggal 13 September 2023, pukul 12:34:31 WIB, dengan koordinat 5,98 LS – 110,03 BT (97 kilometer Barat Laut Jepara, Jawa Tengah).

Selain itu, BMKG juga menekankan bahwa gempa ini tidak memiliki potensi untuk menimbulkan gelombang tsunami.

Baca Juga : Gempa 6,1 SR Guncang Jepara, Namun Terasa di Selatan Jawa

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam (deep focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan extensional Lempeng Indo-Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). Hasil pemodelan gempa tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Jepara dan Kendal.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hingga pukul 12.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), meski begitu warga diimbau tetap waspada.

Namun, BMKG juga memberikan peringatan bahwa informasi yang mereka sampaikan ini lebih mengutamakan kecepatan daripada stabilitas data. Oleh karena itu, dampak dari gempa ini belum dapat dipastikan dengan pasti karena masih diperlukan kelengkapan data yang lebih akurat. (MIKJPR-01)

Reporter : MK/NS
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here