“Mageri Segoro” Polres Jepara Targetkan 70 Ribu Pohon Mangrove di Sepanjang Pesisir Utara

0
31

MIKJEPARA.com, JEPARA – Polda Jawa Tengah kini tengah menggalakkan program penanaman pohon mangrove secara serentak di 13 Polres yang berada di wilayah pesisir utara dan selatan provinsi ini. Kegiatan ini pun sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Untuk mendukung program tersebut, Polres Jepara pagi ini Selasa (12/10/2021) di Pesisir Pantai Desa Tanggul Tlare Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara melakukan penanaman pohon mangrove bersama jajaran Forkopimda.

Kapolres bersama jajaran Forkopimda Jepara melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai Desa Tanggul Tlare Kecamatan Kedung pada Selasa (12/10/2021). (Dok : Foto Diskominfo/Dian)

Program dalam rangka Polda Jateng “Mageri Segoro” Polres Jepara ini dihadiri Kapolres Jepara AKBP Warsono, bersama jajaran forkopimda Kabupaten Jepara, Pejabat utama Polres Jepara, Kapolsek jajaran Polres Jepara dan instansi terkait serta para relawan.

Kegiatan ini juga serentak dilaksanakan hari ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengikuti kegiatan “Polda Jateng Mageri Segara” bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjend TNI Rudianto, dan Forkompinda di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

“Untuk penanaman mangrove kali ini direncanakan akan ada 70.000 pohon bertahap, dan pagi ini berjumlah 10.000 pohon,” terang AKBP Warsono, Kapolres Jepara.

Kapolres Jepara dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa pada kesempatan ini kami mengajak semua baik elemen masyarakat, komunitas pecinta lingkungan terutama masyarakat di pesisir pantai dapat menjaga dan memelihara mangrove untuk kemanfaatan masyarakat.

Hutan Mangrove memiliki peran ekologis besar bagi kehidupan manusia, terutama bagi masyarakat yang hidup di pesisir. Hutan Mangrove juga memiliki fungsi mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir, mencegah erosi hingga fungsi rekreasi.

Mangrove sangat penting guna menekan abrasi, membentuk lahan baru menyediakan makanan bagi hewan laut sebagai sumber keanekaragaman hayati dan penting untuk menjaga kestabilan ekosistem pantai.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, dalam rangka memelihara ekosistem lingkungan hidup dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Maka Polda Jateng menginisiasi program “Mageri Segoro”.

“Kita jadikan sebagai kebangkitan masyarakat dalam ketahanan pangan dan masyarakat sehat melalui kepatuhan protokol kesehatan”, pungkasnya.

Dalam kegiatan penanaman mangrove kali ini juga dilaksanakan bakti sosial dengan membagikan 100 paket sembako kepada masyarakat setempat. (MIKJPR-01)

Reporter : And/xpo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan