Mahasiswa KKN UPGRIS Tanam 500 Pohon di Pesisir Telukawur

MIKJEPARA.comJEPARA – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mengadakan kegiatan menanam pohon bersama perangkat Desa Telukawur, Kecamatan Tahunan, Jepara pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Kegiatan dengan tema ‘Sukseskan Pelestarian Alam’ ini merupakan salah satu bentuk kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan dengan menanam 500 pohon.

Mahasiswa peserta KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) saat melakukan penenaman pohon di Telukawur Tahunan Jepara (Foto : KKN)

“Kami ingin meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat dan memberikan kontribusi yang nyata dalam menjaga keberlanjutan bumi kita. Melalui kegiatan menanam pohon ini, kami berharap dapat menciptakan ekosistem yang seimbang,” ungkap Alim Rasid Nur Hidayat salah seorang mahasiswa KKN

Alim mengungkapkan, pihaknya memberikan 500 bibit pohon untuk desa Telukawur. Ia berharap, aksi ini diharapkan tak hanya memberikan dampak positif secara ekologis. Namun juga membangun kesadaran kolektif akan pentingnya pelestarian lingkungan untuk generasi masa depan.

Dengan semangat gotong royong, mahasiswa KKN bersama perangkat desa menanam berbagai jenis pohon di sekitaran pesisir pantai. Kegiatan tersebut tak hanya bertujuan untuk penghijauan, namun juga sebagai bentuk kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat setempat.

Selain menanam pohon, dalam kegiatan ini juga ada penyuluhan mengenai pentingnya menjaga lingkungan, peran pohon dalam ekosistem, dan upaya pelestarian alam.

Hal tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman lebih luas dan mendalam kepada masyarakat desa, khususnya di Telukawur.

Rokhman, petinggi Desa Telukawur menyatakan bahwa kehadiran para mahasiswa KKN dalam kegiatan tersebut sangat berarti bagi masyarakat setempat.

“Kami merasa terbantu dan terpanggil untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Kolaborasi ini memberikan inspirasi bagi kita semua,” katanya.

Sementara itu, Camat Tahunan Nuril Abdillah juga turut hadir sebagai salah satu pembina kegiatan ini. Juga diantaranya Danramil setempat dan Petinggi Telukawur, mereka memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa KKN serta para ibu PKK yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Menurut Nuril Abdillah, kegiatan seperti ini adalah langkah nyata dalam memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem pesisir.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari mahasiswa KKN dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan penanaman pohon ini. Ini adalah langkah konkrit untuk melestarikan lingkungan kita,” ujarnya dengan antusias. (MIKJPR-01)

Reporter : AND/SW
Editor : Haniev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here