Malam Tirakatan 17-an, Kearifan Lokal di Kala Pandemi

0
152

MIKJEPARA.comJEPARA  Malam tirakatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, kali ini dilaksanakan dengan sederhana. Dua tahun ini, akibat pandemi covid-19 berbagai acara kerumunan masa terbilang sangat di hindari untuk mencegah penularan virus.

Malam tirakatan merupakan satu malam di mana seluruh elemen bangsa akan memanjatkan doa, mengintrospeksi perjalanan kehidupan bangsa, dan membaca ulang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Malam tirakatan 17-an yang dilaksanakan di desa Guyangan Jepara (Dok : Foto MIK Jepara)

Malam tirakatan dilaksanakan pada malam hari tanggal 16 Agustus sebelum esoknya hari kemerdekaan diperingati, 17 Agustus. Tirakat juga merupakan laku spiritual untuk membersihkan batin dan menambah spirit optimisme dalam mengarungi kehidupan.

Dalam pelaksanaan malam tirakatan, ada beberapa ritual luhur selain membaca ulang sejarah bangsa, yaitu memanjatkan doa untuk keselamatan bangsa. Berikut lantunan do’a dalam perayaan HUT RI ke-76.

Ya Allah Tuhan yang Maha Kuasa
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu,
atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan pada bangsa kami.
Atas ridho dan kuasa-Mu Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan.

Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita,
memperingati hari proklamasi kemerdekaan bangsa kami yang ke-76.
Ya Allah Tuhan yang Maha Bijaksana

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-76 ini, berikanlah inspirasi yang tak terputus pada kami, untuk menggiring langkah kami, dalam membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, sejajar dan berkompetisi dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia.

Teguhkan persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih
Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami, yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

Ampunilah segala kesalahan mereka, dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan yang Maha Melindungi
Di tengah wabah Covid-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, semakin menyadarkan kami, bahwa betapa lemahnya kami tanpa pertolongan-Mu.

Karenanya ya Allah, dengan qudrat dan iradah-Mu mohon Engkau berkenan mengangkat wabah Covid-19 dari negeri tercinta ini. Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya.

Ya Tuhan yang Maha Pengampun
Dengan sifat afuwun ghofur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami.

Dari pantauan Group Facebook MIK Jepara, sejumlah warga pun nampak antusias menggelar malam tirakatan di sejumlah lokasi. Harapannya kegiatan malam ini, bisa berjalan dengan khusyu dan lancar. (MIKJPR-01)

Reporter : xpo/put
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan