Materi Pengusulan Pahlawan Ratu Kalinyamat di Matangkan

0
13

MIKJEPARA.comJEPARA –Penyusunan kelengkapan dokumen pengusalan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional terus di matangkan. Hingga saat ini, materi pengusulan pahlawan asal Jepara sebagai pahlawan nasional ini, sudah mencapai 90 persen.

Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD), Ratu Kalinyamat bersama masyarakat Jepara dari berbagai unsur, Sabtu (19/9/2020), di Gedung Pasca Sarjana Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.

Para peserta sedang mengikuti ocus Group Discussion (FGD), Ratu Kalinyamat bersama masyarakat Jepara dari berbagai unsur, Sabtu (19/9/2020), di Gedung Pasca Sarjana Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara (Dok : Diskominfo/JprDian).

Dalam diskusi dengan tema “Menghidupkan Peran Besar Ratu Kalinyamat Dalam Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air”, digelar secara virtual dan menghadirkan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Ketua Tim Pakar Pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi Pahlawan Nasional, Ratno Lukito.

Sebagaimana diungkapkan, Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Bidang Aspirasi Masyarakat, Atang Irawan, saat ini materi pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional sudah 90 persen. Sisanya 10 persen di antaranya dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Jepara.

“Perlu dukungan secara bersama-sama, agar pengusulan ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional segera terealisasi,” kata dia.

Melalui virtual, Ketua Tim Pakar Pengusulan Ratu Kalinyamat untuk menjadi Pahlawan Nasional, Ratno Lukito, mengatakan berbagai sumber dan catatan sejarah, dikumpulkan untuk mendukung pengusulan Ratu Kalinyamat.

Disampaikan, sejumlah catatan menuliskan peran Ratu Kalinyamat membantu kerjaan-kerajaan di Nusantara dalam mengusir Portugis. Pada 1573, Ratu Kalinyamat memberikan bantuan pada Sultan Aceh. Sebelumnya, pada 1559 membantu Johor ketika hendak menyerang Portugis di Malaka.

Kasi Sejarah dan Purbakala pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Ida Lestari, mengatakan Ratu Kalinyamat sosok pejuang yang pantang menyerah. Beberapa kali pasukan Ratu Kalinyamat berhasil dihadang lawan, namun Ratu Kalinyamat tak gentar. (MIKJPR/04).

Reporter : Dian/Kominfo
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan