Pasang Surut Air Laut di Benteng Portugis Pertanda Alam Atau Normal

0
802

MIKJEPARA.comJEPARA – Masyarakat Jepara dikejutkan dengan beredarnya sebuah video viral di media sosial berdurasi 15 detik, yang menggambarkan kondisi surutnya air laut disekitaran pantai objek wisata Benteng Portugis, di kecamatan Donorojo Jepara secara tiba-tiba.

Berbagai spekulasi pun berkembang, komentar netizen di grup MIK Jepara pun beberapa diantaranya mengaitkan dengan adanya prediksi BMKG beberapa waktu lalu soal tsunami di pulau jawa.

Tampilan dari video yang viral, kondisi lautan yang surut hingga terlihatnya pulau mandalika (MIK Jepara)

Kejadian aneh tersebut terekam kamera warga yang sedang menikmati senja pada suatu sore. Bahkan nampak jelas di seberang lautan, pulau mandalika yang berada disekitaran objek tersebut.

Menjawab mengenai hal tersebut, ada beberapa teori yang bisa di argumentasikan berkaitan gejala alam di sisi utara kabupaten Jepara tersebut. Bahkan warga sekitarpun menganggapnya hal yang lumrah saat air surut tiba.

Pasang surut adalah fluktuasi muka air laut. Penyebab pasang surut air laut adalah gaya tarik benda-benda di langit, terutama matahari dan bulan terhadap massa air laut bumi. Meskipun massa bulan jauh lebih kecil dari massa matahari, tetapi karena jaraknya terhadap bumi jauh lebih dekat, maka pengaruh gaya tarik bulan terhadap bumi lebih besar daripada pengaruh gaya tarik matahari.

Gaya tarik bulan yang memengaruhi pasang surut adalah 2,2 kali lebih besar daripada gaya tarik matahari (Triatmodjo, 1999). Menurut Setiadi (1988), pasang surut adalah perubahan gerak relatif dari materi suatu planet, bintang dan benda angkasa lainnya yang diakibatkan oleh aksi gravitasi benda-benda di luar materi itu berada.

Gaya pembangkit pasang surut adalah resultan dari gaya sentrifugal dan gaya gravitasi benda-benda luar angkasa seperti bulan dan matahari, yang menjadi penyebab pasang surut air laut.

Gaya sentrifugal tercipta akibat revolusi bulan mengelilingi bumi yang arahnya menjauhi bulan serta setiap titik di permukaan bumi besarnya sama. Sedangkan gaya gravitasi bulan akan di pengaruhi oleh jarak dari titik dipermukaan bumi terhadap bulan.

Menurut Kepala BPBD Jepara Kusmiyanto mengatakan surutnya air laut Pantai Benteng Portugis adalah peristiwa alam biasa. Namun, dia membenarkan kondisi surutnya pantai tersebut memang lebih jauh dibandingkan biasanya.

Bahkan untuk memastikan hal tersebut, telah dilakukan pengecekan langsung ke lokasi dan memastikan kondisi normal seperti biasanya. (MIKJPR-01)

Reporter : Putra/BPBD
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan