PDP Meninggal, Dimakamkan Dengan Protap Covid-19 di TPU

0
80

MIKJEPARA.com,  JEPARA – Seorang perempuan warga Gunungwungkal, Kabupaten Pati dimakamkan menggunakan protap Covid-19 di salah satu TPU (Tempat Pemakaman Umum) di Kecamatan Donorojo, Jepara pada Senin (27/4) pagi.

Warga sekitar tidak berani melakukan pemulasaraan jenazahnya, hal itu dikarenakan perempuan berusia 38 tahun itu baru tiba di rumah orang tuanya di Donorojo sepulang dari Jakarta pada hari Jum’at (24/4) lalu. Kemudian pada Sabtu (25/4) bersama suaminya kembali ke rumahnya di Gunungwungkal Pati.

Tim dari Gugus Tugas menggunakan APD lengkap sebelum prosesi pemakaman dimulai (Foto : BPBD Jepara)

Pada hari Minggu (26/4) siang, almarhumah mengeluh sesak nafas, sehingga oleh keluarganya dibawa berobat di RSUD DR Rehatta Kelet, Keling Jepara.

Rumah sakit telah melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Kerena ada rekam jejak pejalanan dari zona merah, maka pihak rumah sakit menyarankan untuk menjalani perawatan isolasi dan rujukan ke RS Suwondo, Pati.

Namun keluarga menolak, dan memilih membawa pasien pulang ke rumah orang tuanya di Tulakan, Donorojo, Jepara. Sesampainya di rumah, kondisinya semakin memburuk hingga akhirnya meninggal dunia pada pukul 22.00 WIB.

Karena kondisi tersebut, akhirnya pihak desa meneruskan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara.

Hal tersebut dibenarkan Juru Bicara Covid-19 Jepara Dokter Fakhrudin tentang adanya kekhawatiran dan ketakutan masyarakat di Donorojo untuk penanganan jenazah. “Oleh karena itu, kami berkoordinasi dengan pihak RS Rehatta yang sempat menangani pasien untuk melakukan pemulasaraan jenazah,” ujarnya pada Senin (27/4).

Membutuhkan waktu selama satu jam untuk melakukan proses pemakaman dengan menggunakan prosedur Covid-19. “Proses pemakaman baru bisa dilakukan pada Senin pagi ini oleh Satgas Pemakaman GTPP Covid-19 Kabupaten Jepara di bawah koordinator BPBD Jepara, “imbuhnya.

Selain prosesi pemakaman, GTPP Covid-19 juga melakukan penyemprotan desinfektan di rumah orang tua almarhumah yang dilakukan relawan PMI Kabupaten Jepara.

Proses pemakaman berjalan lancar tanpa adanya penolakan dari masyarakat dengan pengamanan dari Polsek, serta Koramil Donorojo.

Hadir dalam proses pemakaman Camat Donorojo, Pihak Puskesmas Donorojo dan Petinggi Setempat. (MIKJPR-01 / HUMAS GTPP COVID-19 JEPARA)

Reporter : Koko
Editor : Haniev

Tinggalkan Balasan